Jepang Cabut Peringatan Tsunami Usai Gempa 6,7 SR

Liberty Jemadu
Jepang Cabut Peringatan Tsunami Usai Gempa 6,7 SR
Ilustrasi gempa Jepang. Tanah retak bergambar bendera Jepang. [Shutterstock]

Gelombang tsunami kecil sempat menyapu beberapa wilayah pesisir di barat daya Jepang.

Suara.com - Badan Meteorologi Jepang mencabut peringatan tsunami setelah gempa berkekuatan 6,7 skala Richter - sebelumnya disebut 6,8 SR - mengguncang pesisir barat daya negara itu pada Selasa malam (18/6/2019), sekitar pukul 10.22 malam waktu setempat.

Sebelumnya peringatan tsunami sempat dikeluarkan untuk daerah Perfektur Yamagata, Perfektur Niigata, dan Perfektur Ishikawa.

Meski demikian, Badan Meteorologi Jepang membeberkan bahwa gelombang tsunami kecil sempat menyapu pesisir Pulau Awashima di Perfektur Niigata pada pukul 11.05 malam waktu setempat dan kemudian menyapu pantai Sakata di Perfektur Yamagata.

Pusat gempa itu sendiri berada di kedalaman 14 kilometer. Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui adanya kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Tetapi akibat gempa itu, hampir 10.000 rumah di daerah terdampak kehilangan akses terhadap listrik. Perusahaan kereta api East Japan Railway Co juga menghentikan pengoperasian beberapa kereta cepatnya.

Selain itu, otoritas nuklir Jepang juga memastikan bahwa kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir di Kashiwazaki-Kariwa di Niigata tidak mengalami gangguan. [NHK/Kyodo]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS