Anggaran Rp 126,5 Triliun Kemenhan Tahun 2020 Disetujui DPR RI

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Anggaran Rp 126,5 Triliun Kemenhan Tahun 2020 Disetujui DPR RI
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Suara.com/Ria Rizki)

Anggaran tersebut akan digunakan untuk keperluan pertahanan di Indonesia.

Suara.com - Sekjen Kementerian Pertahanan Agus Setiadji mengatakan Komisi I DPR RI sudah menyetujui anggaran yang diusulkan kementerian Ryamizard Ryacudu tahun 2020. Anggaran yang disetujui mencapai Rp 126,5 triliun.

Hal tersebut dikatakan Agus usai melakukan Rapat kerja bersama Menhan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Komisi I DPR RI. Ia menyebut anggaran tersebut sudah pagu indikatif atau disetujui oleh Kementerian Keuangan.

"Anggaran yang kita ajukan Rp 126,5 triliun untuk 2020 dan alhamdulilah disetujui oleh komisi I," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (19/6/2019).

Meskipun sudah disetujui, Agus menyebut anggaran tersebut masih bisa bertambah jumlahnya. Agus mengatakan kemenhan sudah mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 17,5 triliun.

"Ada tambahan. Sekitar Rp 17,5 triliun," kata Agus.

Agus menerangkan, anggaran itu nantinya akan digunakan untuk keperluan pertahanan di Indonesia. Diantaranya seperti untuk keperluan TNI, Kemenhan dan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista).

Ia menegaskan anggaran tahun 2020 di Kemenhan akan diprioritaskan untuk peningkatan kualitas SDM dan Alutsista. Selain itu ada juga penggunaan anggaran untuk bela negara.

"Kenaikan utama adalah untuk sumber daya manusia. Dalam hal ini juga untuk pendidikan latihan. Kemudian Alutsista, dan untuk di Kemhan otomatis sesuai prioritas kita adalah untuk bela negara," pungkas Agus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS