Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Ada Penampakan di Belakang Kursi Hakim MK saat Sidang, Ini Faktanya

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Ada Penampakan di Belakang Kursi Hakim MK saat Sidang, Ini Faktanya
Sosok misterius di belakang kursi hakim MK tertangkp kamera (Facebook)

Siapa sosok misterius yang mengintip di balik kursi hakim MK?

Suara.com - Jagat media sosial dibuat heboh dengan foto penampakan seseorang yang mengintip di belakang kursi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) selama jalannya sidang gugatan Pilpres 2019 di Gedung MK. Banyak asumsi yang dikeluarkan oleh warganet menanggapi beredarnya foto tersebut.

Dalam foto tampak hakim Suhartoyo sedang memberikan penjelasan. Di belakang kursi hakim tampak seorang pria sedang mengintip.

Kemunculan foto tersebut menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Tak sedikit warganet yang mengaitkannya dengan fitnah hingga hoaks.

Akun grup media sosial Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax yang merupakan forum Cekfakta.com, memberikan penjelasan detail mengenai sosok misterius yang tampak mengintip di balik kursi hakim MK.

"Jika memang mempertanyakan siapa yang berada di balik kursi hakim MK, silakan coba toton sendiri siaran langsungnya, sehingga bisa melihat sendiri bahwa yang beredar itu adalah para jurnalis foto," tulis akun tersebut seperti dikutip Suara.com, Kamis (20/6/2019).

fakta di balik sosok misterius di belakang kursi hakim MK (Facebook)
fakta di balik sosok misterius di belakang kursi hakim MK (Facebook)

Dalam siaran langsung jalannya proses sidang gugatan Pilpres 2019, jurnalis foto tampak berseliweran di dalam ruang sidang.

Mereka bertugas menangkap setiap momen yang terjadi di dalam sidang tersebut.

Dalam beberapa tayangan siaran langsung, terlihat beberapa jurnalis foto berdiri di belakang meja hakim dan mengeluarkan kamera untuk membidik momen yang ada di hadapannya.

Karenanya, dapat dipastikan bahwa sosok yang beredar dalam foto merupakan jurnalis foto yang mengintip untuk bersiap mengabadikan momen di ruang persidangan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS