Lulus Cumlaude, Driver Ojol Lele Bawa Tugas Kuliah saat Angkut Penumpang

Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Lulus Cumlaude, Driver Ojol Lele Bawa Tugas Kuliah saat Angkut Penumpang
Jadi Driver Ojol, Mahasiswi Ini Berhasil Sarjana dengan Predikat Cumlaude. (Twitter/@gizayeolsung)

Leony alias Lele sudah beranjak dari kos sejak pukul setengah enam pagi sampai malam.

Suara.com - Leony Sondang Suryani tengah menjadi sorotan di media sosial berkat prestasinya di tengah kesibukan kuliah dan menyambi sebagai driver ojek online (ojol).

Lulusan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang merantau dari Bogor, Jawa Barat ini baru saja meraih gelar Sarjana Hukum setelah wisuda pada Rabu (7/8/2019). Ia bahkan mendapat gelar kehormatan dengan pujian alias cum laude.

Tak heran jika ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi dengan hasil yang memuaskan.

Selama kuliah, wanita 22 tahun yang akrab disapa Lele ini telah mengantongi beragam prestasi, di antaranya juara 3 Kompetisi Debat Piala Mahkamah Konstitusi (MK) tingkat nasional pada 2017 dan juara 1 pada 2018.

Kepadai SUARA.com, Leony menjelaskan caranya membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dan melakoni pekerjaan sebagai driver ojol sejak semester 5, yakni pada Oktober 2017.

"Misalnya kuliah pagi, saya narik siangnya. Kalau kuliah siang, saya jam setengah enam pagi udah mulai narik," ujar Leony pada SUARA.com melalui sambungan telepon, Kamis (8/8/2019).

"Jadi saya kalau keluar kos selalu bawa jaket sama helm Gojek ke mana-mana," imbuhnya.

Bahkan, persiapan menjelang kuis dan tugas dari kampus pun juga ia kerjakan di tengah waktu luang sembari mencari pelanggan.

"Biasanya tugas saya bawa juga pas narik. Saya kerjain di luar, entah di pangkalan, apa di tempat mana aja pas nunggu orderan Gofood atau penumpang . Belajar buat persiapan kuis juga gitu, sama," terang gadis kelahiran 20 Agustus 1997 ini.

Karena itu, Leony menghabiskan lebih banyak waktunya di luar kos sejak pagi sampai magrib, dan terkadang hingga pukul sembilan malam.

Meski begitu, Leony tetap sesekali menyempatkan waktunya untuk bercengkarama dengan teman-teman kampus.

"Jadi jarang nongkrong sih sebenernya sejak ngojol, cuma kadang saya sempetin, misal pas temen-temen pada bilang, 'Udah lama nih enggak nongkrong bareng,' gitu, tapi mereka ngerti juga kok kalau saya kerja. Ya sekosongnya aja saya sempetin ketemu nongkrong sama mereka," ungkap Leony.

Pemilik akun Instagram @lele.panjaitan ini viral setelah akun @gizayeolsung menceritakan perjuangan juniornya itu melalui sebuah utas di Twitter.

Ia bercerita bahwa Leony merupakan seorang perempuan yang hebat. Tidak hanya menjadi mahasiswa biasa, Leony juga aktif mengikuti organisasi debat sambil kerja menjadi driver ojol demi membantu perekonomian keluarganya.

Dijelaskan pula bahwa Leony mempunyai adik yang masih sekolah, dan ayahnya sedang sakit. Meski begitu, Leony berani mengambil risiko untuk mengambil jurusan Hukum dan Masyarakat, yang paling dihindari banyak mahasiswa karena lulusnya sangat sulit.

"Terima kasih Lele, bangga banget bisa kenal lo, jadi senior lo yang dulu sempet melihat gimana lo berproses, dan jadi temen lo. Gue bangga banget Le sama lo. Selamat atas wisuda lo. Terakhir, Undip dan @gojekindonesia harus bangga punya Lele," jelas @gizayeolsung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS