Anies Kukuhkan Paskibraka untuk Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Pebriansyah Ariefana | Fakhri Fuadi Muflih
Anies Kukuhkan Paskibraka untuk Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri)

Paskibraka ini berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK di berbagai wilayah di Jakarta.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta. Pasukan ini nantinya akan mengibarkan bendera merah putih untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia (RI) di kawasan Pantai Maju pulau hasil reklamasi.

Pengukuhan dilakukan di ruang Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019). Paskibraka ini berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK di berbagai wilayah di Jakarta.

Tiap siswanya harus melewati seleksi ketat pelatihan Paskibraka dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota hingga Provinsi. Setelah melewati berbagai tes dan tahapan, terpilih 54 pelajar putra dan putri.

Nantinya dari 54 pelajar tersebut, terdiri dari 26 pasang yang akan bertugas untuk upacara di pulau reklamasi. Sementara satu pasang lainnya terpilih untuk menjadi Paskibraka di Istana Negara.

Saat acara, Paskibraka itu mencium bendera merah putih sebagai tanda telah dikukuhkan sebagai Paskibraka DKI Jakarta tahun 2019. Anies mengucapkan selamat kepada para siswa dan siswi terpilih di Jakarta itu.

"Saya mengucapkan selamat kepada saudara semua yang terpilih untuk mengibarkan sang saka merah putih pada upacara bendera 17 Agustus 2019," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Menurut Anies, Paskibraka tersebut adalah orang-orang yang terpilih bisa mewakili warga Jakarta untuk mengibarkan sang saka. Anies menganggap mengibarkan bendera Indonesia bukanlah hal yang sepele.

Ia mengatakan bendera itu didapatkan dengan pengorbanan jiwa dan raga para pendahulu untuk meraih kemerdekaan. Meskipun menaikkan bendera sekarang hanya membutuhkan waktu sebentar, namun untuk memperjuangkannya zaman dahulu memakan waktu puluhan tahun.

"Sekarang tanggung jawab yang sedang dititipkan kepada anda semua anak-anak muda terpilih," kata Anies.

Karena itu, Anies meminta agar Paskibraka DKI melaksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut bisa menjadi bukti penghargaan dan rasa hormat kepada para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan.

"Tugas anda bukan hanya menguasai sejarah tapi Tugas anda adalah membuat sejarah untuk masa depan," pungkas Anies.

Acara pengukuhan berlangsung khidmat. Anies menyalami satu persatu Paskibraka terpilih. Orang tua Paskibraka juga ikut menyaksikan acara pengukuhan itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS