Trauma Inhalasi, Polisi yang Dibakar Mahasiswa Dirujuk ke RSPP

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Trauma Inhalasi, Polisi yang Dibakar Mahasiswa Dirujuk ke RSPP
Polisi dibakar di Cianjur. (ist)

Kepala RS Polri Kramat Jati, Brigjen Musyafak mengatakan, korban harus dirujuk lantaran di RSPP memunyai ruangan khusus

Suara.com - Anggota polisi Ajun Inspektur Satu Polisi Erwin yang terbakar saat mengamankan demonstrasi mahasiswa di depan Pendopo Cianjur, Jawa Barat mengalami luka bakar mencapai 64 persen.

Kekinian, ia harus dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kepala RS Polri Kramat Jati, Brigjen Musyafak mengatakan, korban harus dirujuk lantaran di RSPP memunyai ruangan khusus. Sedangkan, di RS Polri hanya memunyai ruangan isolasi umum.

"Luka bakarnya itu 64 persen dengan trauma inhalasi, kemungkinan besar karena dia menghirup udara panas atau asap atau api," ujar Musyafak saaf dikonfirmasi, Jumat (16/8/2019).

"Kemudian mengingat itu harus ditangani di tempat yang khusus atau unit penanganan luka bakar. Sementara kami hanya punya ruang isolasi umum. Sehingga untuk pelayanan maksimal kami koordinasi dengan RSPP kami rujuk ke sana. Penanganan bareng-bareng dari RSPP dan dokter dari kami," sambungnya.

Sebelumnya, Polres Cianjur telah meringkus 15 mahasiswa setelah kejadian aksi unjuk rasa berujung empat anggota polisi mengalami luka bakar di Gedung DPRD Cianjur.

"Untuk tersangka saat ini posisinya masih pendalaman. Namun sudah diamankan di Polres Cianjur 15 orang dari kelompok OKP Cipayung Plus," kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/8/2019).

Menurut Truno, OKP Cipayung Plus sendiri terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa, diantaranya DPC GMNI Cianjur, PC PMII Cianjur, HMI Cianjur, HIMAT, CIF dan lainnya.

Terkait korban luka pelemparan bensin rencananya akan dirujuk seluruhnya ke rumah sakit di luar Cianjur. Sedangkan untuk Ajun Inspektur Satu Polisi Erwin yang terluka bakar di atas 70 persen sudah terlebih dulu dirujuk ke RS Kepolisian dr Soekanto di Kramat Jati, Jakarta Timur. Adapun tiga polisi lain yang uka bakar di atas 20 dan 40 persen akan dirujuk ke Bandung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS