Ustaz Somad Dipolisikan karena Bicara Salib, JK: Hormati Satu Sama Lain

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Ustaz Somad Dipolisikan karena Bicara Salib, JK: Hormati Satu Sama Lain
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). (Suara.com/Ria Rizki)

JK meminta pada setiap pemuka agama harus berhati-hati dalam memberikan ceramahnya.

Suara.com - Ustaz Abdul Somad dilaporkan ke polisi terkait dengan video dakwahnya tentang salib yang viral di media sosial. Ceramah Ustaz Somad diduga mengandung penistaan agama.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berpesan kepada seluruh pemuka agama untuk menghormati agama lain dalam setiap dakwahnya.

JK meminta pada setiap pemuka agama harus berhati-hati dalam memberikan ceramahnya. Mengingat penduduk Indonesia memeluk beragam agama dan tidak hanya Islam.

"Ya pasti (harus hati-hati). Pertama, kita semua Islam, Kristen, Buddha, dalam berdakwah maupun memberikan khotbahnya haruslah lebih adem dan lebih menghormati satu sama lain," kata JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Terkait dengan ceramah Ustaz Abdul Somad soal salib yang mengundang reaksi terutama dari umat Kristiani, JK menyebutkan bahwa ustaz yang lahir di Silo Lama, Sumatera Utara tersebut mesti memberikan klarifikasi.

"Apa yang terjadi pada Ustaz Somad itu tentu harus diklarifikasi, karena juga banyak usulan, ya dilalui dengan proses di negeri ini," kata dia.

Ustaz Abdul Somad. [Antara]
Ustaz Abdul Somad. [Antara]

Untuk diketahui, Ustaz Abdul Somad kembali dilaporkan ke aparat kepolisian, sebagai buntut ceramahnya yang diduga menghina keyakinan umat agama lain. Kali ini, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melaporkan UAS ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (19/8/2019).

Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Korneles Jalanjinjinay menuturkan, pihaknya melaporkan UAS atas dugaan penistaan agama. Ia mengatakan merasa dirugikan atas ceramah tersebut.

"Kedatangan kami ke Bareskrim dalam rangka melaporkan video yang beredar soal Ustaz Abdul Somad menyebut simbol agama tertentu, yang kami merasa dirugikan," ungkap Korneles di lokasi.

Pada kesempatan yang sama, organisasi masyarakat Horas Bangso Batak (HBB) juga melaporkan Ustaz Abdul Somad ke Polda Metro Jaya. Laporan itu teregister dalam nomor laporan polisi LP/5087/VIII/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 19 Agustus 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS