Ramai Tagar #BoikotFilmTheSantri, Ustaz Yusuf Mansur Ikut Bicara

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
Ramai Tagar #BoikotFilmTheSantri, Ustaz Yusuf Mansur Ikut Bicara
Sutradara Livi Zheng kolaborasi garap film The Santri bareng pengurus PBNU. (Suara.com/Shifa Audia)

Yusuf Mansur menanggapi positif protes dari masyarakat.

Suara.com - Tagar #BoikotFilmTheSantri sempat meramaikan pencarian populer linimasa Twitter baru-baru ini.

Seruan penolakan film yang diinisiasi Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) tersebut muncul dari menantu Iman Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Hanif Alathas.

Senada dengan hal itu, beragam cuitan bernada kritik juga diunggah warganet. Tak sesuai dengan judulnya, film tersebut dinilai memiliki jalan cerita yang menyimpang dari akidah dan adab santri di pesantren.

Seperti pengguna @mua_hits yang lantang menyebut apa yang ditampilkan di Film The Santri bertolak belakang dengan kenyataan kehidupan pesantren.

"Yang saya permasalahkan itu potret pesantren & santri yang dinampakkan dalam film itu, mana ada pesantren seperti itu. Anak saya mondok & saya tahu persis gimana adab & perilaku santri di Ponpes, if you say "just film" its ok, but i'm not referrence that movie to my family," tulisnya, Kamis (16/9/2019).

Lebih lanjut, penolakan Film The Santri juga didasarkan dari beberapa adegan yang tidak sesuai nilai-nilai islam sehingga tidak mendidik penonton.

Sementara warganet lainnya menyoroti latar belakang Livi Zheng, sutradara film ini yang tidak memiliki pengalaman di dunia pesantren.

"Orang yang beradab pasti pandai menghormati keyakinan orang lain, walaupun dia sendiri tidak sesuai dengan keyakinan itu. 3 alasan film santri ditolak para santri, bukan kehidupan pesantren sesungguhnya, sutradara tidak punya basic pesantren, lingkup yang sempit," ungkap @10_sikerei_01.

Dikutip dari laman PBNU, The Santri mengangkat nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian, kesederhanaan, toleransi, kecintaan terhadap tanah air, serta sikap anti radikalisme dan terorisme.

Ustaz Yusuf Mansur pun turut memberi tanggapan terkait seruan pemboikotan film yang dibintangi putrinya, Wirda Mansur.

Melalui Instagram pribadinya, ia mengunggah tangkapan layar tagar #BoikotFilmTheSantri yang menempati trending topic twitter. Baginya hal itu adalah pertanda kebaikan.

"Keren, pasti jadi kebaikan. Salam dan doa untuk seluruh saudara-saudara dkk di seluruh penjuru tanah air. Shalawatnya, istighfarnya, tasbihnya, jalanin terus ya. Plus sedekahnya. Salurkan ke orang2 dan lingkungan terdekat. Banyak-banyak saya dan Wirda minta didoakan, tar kita bikin sekuel sendiri. The Wirda, Teh Yusuf, The The yang lain," cuit @yusufmansurnew, Senin (16/9/2019).

Film The Santri rencananya dirilis pada 22 Oktober 2019, bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Film itu dibintangi oleh sejumlah pemain seperti Wirda Mansur, Gus Azmi, Veve Zulfikar dan Emil Dardak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS