Bertemu Jokowi ke Istana, Gaya Prabowo Disebut Lebih Cair ketimbang SBY

Agung Sandy Lesmana | Welly Hidayat
Bertemu Jokowi ke Istana, Gaya Prabowo Disebut Lebih Cair ketimbang SBY
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai gerindra Prabowo Subianto swafoto dengan wartawan Istana. (Foto dok. Istimewa)

"..Mungkin dengan style pak SBY mungkin begitu kalem tahan diri. Pak Prabowo ekspresif dan antusias."

Suara.com - Dosen Komunikasi Politik Universitas Gajah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menyoroti pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara, Jumat (11/10/2019) kemarin.

Sehari sebelumnya, Jokowi sempat mengundang Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Terkait pertemuan yang digelar ketiga tokoh itu, Nyarwi menyebut Prabowo dianggap lebih ekspresif ketimbang SBY saat bertemu dengan Jokowi di Istana.

"Yang menarik adalah ekspresi baik pak Prabowo maupun Jokowi dan pak SBY ketemu pak Jokowi. Mungkin dengan style pak SBY mungkin begitu kalem tahan diri. Pak Prabowo ekspresif dan antusias," kata Nyarwi dalam diskusi di 'Dinamika Politik Jelang Penyusunan Kabinet', di Gado-gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Oleh karena itu, Nyarwi menganggap bahwa pertemuan Jokowi dan Prabowo diangap lebih cair dibanding saat SBY melakukan pertemuan sebelumnya dengan Jokowi.

"Saya lihat cara Jokowi setelah bertemu beliau untuk konpers usai ketemu SBY, Ketika ditanya bagaimana? Ya, itu tanyakan ke SBY. Sementara dengan pak Prabowo tidak. Lebih cair," tutup Nyarwi.

Sebelumnya, Prabowo mengaku memiliki hubungan baik dengan Presiden Jokowi. Hal itu disampaikan Prabowo seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi selama satu jam di Istana Merdeka, kemarin.

"Saya kira demikian, hubungan saya baik. Bisa dikatakan mesra gitu pak ya," kata Prabowo

Mantan Danjen Kopassus itu menduga banyak pihak yang tidak suka jika dirinya dekat dengan Jokowi. "Banyak enggak suka mungkin," kata Prabowo seraya tertawa.

Prabowo menuturkan, kedatangan ke Istana Merdeka atas undangan Jokowi. Dalam pertemuan tersebut, dirinya dan Jokowi membahas sejumlah hal. Di antaranya masalah ekonomi, kondisi politik, keamanan, pertahanan negara hingga ibu kota.

"Saya diundang, kemudian sebagaimana Presiden Joko Widodo menyampaikan kita bahas banyak masalah. Masalah ekonomi, masalah kondisi politik keamanan pertahanan negara, kita berbicara ibu kota," tutur dia.

Selain itu Prabowo juga mendukung rencana pemerintah terkait pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Saya menyampaikan saya mendukung, gagasan ibu kota, tentunya beliau mengatakan akan melalui kajian kajian yang tepat dan sudah dilaksanakan banyak kajian, kita akan mendukung gagasan itu," kata Prabowo.

Gerindra kata Prabowo, juga siap membantu pemerintahan Jokowi - Ma'ruf jika dibutuhkan.

"Kami akan memberi gagasan yang optimistis. Kami yakin Indonesia bisa tumbuh double digit, kami yakin Indonesia bisa bangkit cepat. Kami ingin membantu, kami siap membantu kalau diperlukan," tandasnya.

Mendengar hal tersebut, Jokowi yang berada di sebelah Prabowo mendadak tertawa. Kepala Negara kemudian sependapat bahwa hubungan dirinya dan Prabowo sangat mesra.

"Sangat mesra," balas Jokowi dilanjutkan tertawa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS