Menanti Kejutan Wajah Baru Kabinet Jokowi Jilid II

Bangun Santoso
Menanti Kejutan Wajah Baru Kabinet Jokowi Jilid II
Joko Widodo atau Jokowi saat diambil sumpah sebagai Presiden RI 2019-2024. (Antara)

Jokowi menyatakan akan memperkenalkan wajah-wajah baru kabinetnya pada Senin hari ini

Suara.com - Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin telah resmi sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 usai diambil sumpahnya di Gedung MPR, Senayan, Jakarta pada Minggu 20 Oktober 2019.

Usai prosesi pelantikan yang berjalan aman lancar dan khidmat itu, publik kini masih menunggu-nunggu kejutan lain. Yakni susunan kabinet kerja jilid II di pemerintahan periode kedua Jokowi kali ini.

Di sejumlah kesempatan Jokowi menyatakan telah menyelesaikan susunan kabinet di masa periode keduanya. Ia bahkan mengisyaratkan akan segera mengumumkan nama-nama susunan kabinetnya sesaat setelah dilantik. Bahkan ada yang menyebut akan diumumkan Senin (21/10/2019) hari ini.

"Susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Kamis 17 Oktober 2019.

Karena itu, Jokowi meminta agar publik bersabar menunggu pengumuman kabinet tersebut.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," kata Jokowi.

Para menteri yang bakal membantunya itu, kata Jokowi berasal dari semua bidang profesi. "Akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," ujarnya lagi.

Jokowi pun meminta agar publik bersabar menunggu pengumuman kabinet tersebut.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," kata Jokowi.

Para menteri yang bakal membantunya itu, kata Jokowi berasal dari semua bidang profesi. "Akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," kata dia.

Perubahan Nomenklatur Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)
Presiden Jokowi. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Presiden Jokowi memastikan akan ada perubahan nomenklatur di kementerian atau lembaga di kabinet barunya.

Usai dilantik, pada Minggu petang kemarin di Istana Merdeka, Jokowi mengatakan kepada wartawan perihal akan adanya perubahan dalam kabinetnya.

Selain ada wajah-wajah baru yang akan mengisi posisi strategis dalam timnya untuk lima tahun ke depan, nomenklatur dari sejumlah kementerian/lembaga juga akan ada yang berubah.

"Perubahan nomenklatur ada. Besoklah, sing sabar semuanya," kata Jokowi sebagaimana dilansir Antara.

Hanya saja, Jokowi menolak untuk menjelaskan secara detil perubahan nomenklatur yang dimaksud dan meminta semua pihak untuk bersabar menanti hingga besok pagi.

Rencananya, Jokowi akan memperkenalkan para calon pembantunya pada Senin pagi ini.

"Besok kita akan kenalkan dulu, menteri-menteri, yang telah kita pilih, kita kenalkan. Ya setelah dikenalkan, tentu saja ya akan segera dilantik," ujarnya.

Ia berjanji akan mengenalkan wajah-wajah baru dalam kabinet yang baru dibentuknya pada Senin pagi tersebut.

"Wajah-wajah baru besoklah, besok pagi. Pagi-pagi akan saya kenalkan wajah-wajah baru," ucap Jokowi menegaskan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS