Fit and Proper Idham Azis Sebagai Kapolri Digelar DPR Pekan Depan

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Fit and Proper Idham Azis Sebagai Kapolri Digelar DPR Pekan Depan
Bambang Soesatyo bertemu Komjen Idham Aziz di Istana Kepresidenan, Rabu (15/8/2018). (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Namun, kata Dasco, proses fit and proper test tersebut baru akan dilaksanakan seusai Komisi III DPR periode 2019-2024 secara resmi dibentuk.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri, pengganti Jenderal Tiro Karnavian yang dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri.

Ia mengatakan, surat presiden tersebut akan ditindaklanjuti dengan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Idham Azis.

“Sudah masuk, sudah masuk. Dan tinggal nunggu fit and proper test,” kata Dasco kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Namun, kata Dasco, proses fit and proper test tersebut baru akan dilaksanakan seusai Komisi III DPR periode 2019-2024 secara resmi dibentuk.

“Ya nunggu Komisi III disepakati dulu, kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test. Kan Komisi III-nya belum dilantik,” ujar Dasco.

Sementara menunggu hingga pekan depan, adapun pengganti Tito sementara sebagai Plt. Kapolri ialah Komjen Ari Dono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolri.

“Masih Plt-nya Pak Ari Dono,” ucap Dasco.

Sebelumnya, Idham Azis mengakui siap untuk mengisi jabatan Kapolri yang telah ditinggal Tito Karnavian setelah resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Mendagri.

"Ya, saya tentunya siap menjalankan amanah ini. Bismillahi tawakaltu," kata Idham saat ditemui wartawan di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Eks Kapolda Metro Jaya ini mengaku sedang menyiapkan diri setelah namanya santer menjadi calon kuat menjadi Tri Brata (TB) 1 untuk menggantikan Tito.

Dia pun menyampaikan, siap menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang kabarnya akan digelar di DPR pada pekan depan.

"Saya mohon doa restu karna pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test, saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan (diri)," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS