Kabinet Jokowi : Menteri Milenial Cuma 1, Didominasi Baby Boomers

Rendy Adrikni Sadikin
Kabinet Jokowi : Menteri Milenial Cuma 1, Didominasi Baby Boomers
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

Cuma ada 1 menteri dari kalangan milenial di Kabinet Indonesia Maju besutan Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo sempat mengatakan kemungkinan merekrut menteri berusia muda. Bahkan, dia sempat menyebut rentang usia: 20 hingga 25 tahun. Pun dia menyebut akan ada banyak menteri berusia 20 tahun.

"Bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun. Tapi, dia harus mengerti manajerial, manajemen, mampu mengeksekusi program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi pada Juli 2019 kemarin.

Namun, ada yang menarik dalam komposisi kabinet itu. Ya, tidak ada usia 20 hingga 25 tahun. Yang paling muda adalah eks founder Gojek Indonesia, Nadiem Makarim yang menginjak usia 35 tahun pada 2019 ini. Nadiem merupakan satu-satunya menteri dengan usia kepala 3 di kabinet baru Jokowi.

Seperti diketahui, pria kelahiran 1984 itu ditasbihkan Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Indonesia Maju untuk mengisi periode pemerintahan 2019 - 2024.

Sementara, menteri yang paling dekat usianya dengan Nadiem ada 2 orang: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Usia kedua orang tersebut yakni 43 tahun di tahun 2019 ini. Itupun rentang usianya terpaut 8 tahun dengan Nadiem Makarim.

Berdasarkan penelitian Pew Research Center, generasi milenial atau generasi Y merupakan orang yang lahir dari rentang waktu 1981 dan 1996. Artinya dia berusia 23 hingga 38 di tahun 2019.

Mengacu kepada penelitian ini, berarti Nadiem Makarim merupakan satu-satunya menteri Jokowi yang menyandang status generasi milenial. Sisanya dihuni oleh penyandang status generasi X dan Baby Boomers.

Penelitian Pew Research Center menyebut Generasi X merupakan orang yang lahir pada 1965 hingga 1980. Artinya dia berusia 54 hingga 39 tahun.

Lalu, siapa menteri paling tua di kabinet Jokowi tersebut? Berdasarkan penelusuran Suara.com, ada dua menteri yang usianya sama dan tertua di Kabinet Indonesia Maju.

Kedua orang itu adalah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agama Fachrul Razi. Di tahun 2019 ini, keduanya menginjak usia 72 tahun alias kelahiran 1947.

Nah, menteri paling tua ini masuk ke generasi Baby Boomers. Menurut penelitian Pew Research Center, Baby Boomers merupakan generasi yang lahir di rentang waktu 1946 hingga 1964. Artinya dia berusia 73 hingga 55 tahun.

Minus Menteri Perdagangan Agus Suparmanto karena biodatanya tidak tersedia, berarti hanya ada 1 menteri milenial, 9 menteri dari generasi X dan 27 menteri dari generasi Baby Boomers.

Dengan asumsi tanpa Agus Suparmanto, persentasenya yakni 3 persen untuk milenial, 24 persen untuk generasi X dan 73 persen untuk menteri dari generasi Baby Boomers.

Jika mengacu kepada usia berdasarkan penelitian Pew Research Center, artinya kabinet Jokowi ini masih didominasi oleh generasi Baby Boomers. Dan, hanya 1 menteri dari kalangan milenial yakni Nadiem Makarim.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS