Soal Dana Desa Fiktif, Mendagri Tito Terjunkan Tim ke Konawe

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Soal Dana Desa Fiktif, Mendagri Tito Terjunkan Tim ke Konawe
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Suara.com/M, Yasir)

Tito mengatakan ada empat desa fiktif yang menerima dana desa.

Suara.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku telah mengerahkan tim untuk mendalami adanya dugaan penerimaan dana desa fiktif alias ke desa tidak berpenghuni di kawasan Konawe, Sulawesi Tenggara.

Tito mengatakan tim dari Kemendari bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Diketahui, perkara tersebut kekinian tengah ditangani Polda Sulawesi Tenggara.

"Sudah bergerak tim kita bergerak ke sana bersama tim Pemprov dan Polda Sultra," kata Tito di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019).

Dari informasi yang diterima, Tito mengatakan ada empat desa fiktif yang menerima dana desa. Terkait kasus tersebut, Tito menyebut jika pengawasan dana desa diserahkan ke pihak Pemprov.

"Kita tidak memiliki tangan langsung dari Mendagri yang harus mengecek 70 ribu desa seluruh Indonesia. Oleh karena itu sudah turun tim kita kerja sama dengan pemprov dan bergabung dengan Polda Sultra," kata dia.

Mantan Kapolri itu kemudian meminta pada pihak kepolisian untuk bertindak tegas jika duggan tersebut benar. Jika penindakan sudah dilakukan, Tito menyebut sistemnya akan diperbaiki untuk kedepannya.

"Saya sudah tekankan Kapolda tindak saja kalau memang fiktif dan korupsi. Baru setelah itu kita memperbaiki sistemnya," tutup Tito.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani mengaku menemukan ketidakberesan dalam program dana desa yang dicetuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, dia mengaku mendapat laporan bahwa ada sejumlah desa fiktif yang mencoba untuk mendapatkan guyuran dana desa dari pemerintah pusat.

"Karena kemarin kami mendengar dengan salah satu pihak yang menyampaikan ada dana desa untuk desa yang ternyata baru saja dibuat," kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung DPR RI, Senin (4/11/2019) malam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS