Terungkap, Ini Orang Pertama yang Mencetuskan Nama Jokowi

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
Terungkap, Ini Orang Pertama yang Mencetuskan Nama Jokowi
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) dan Wakil Ketua Fadel Muhammad (kanan) usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

"Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja?"," kata Bernard.

Suara.com - Sudah tidak asing di telinga Presiden RI Joko Widodo memiliki sapaan akrab Jokowi. Namun belum banyak yang tahu mengenai asal usul panggilan tersebut.

Hingga pada akhirnya, kanal YouTube Presiden Joko Widodo mengungkap sosok yang pertama kali mencetuskan nama Jokowi, pada Jumat (8/11/2019)

Dalam video berdurasi 5 menit 41 detik tersebut, bule Prancis bernama Bernard Chene mengaku sebagai orang pertama yang memberikan panggilan itu.

Ia merupakan rekan bisnis furniture Jokowi yang telah menjalin kerja sama sejak 1999. Darinya, usaha meubel mantan Wali Kota Solo itu mampu merambah pasar Eropa.

Soal panggilan Jokowi, Bernard bercerita kalau awalnya merasa kesulitan memanggil nama Joko Widodo, karena orang Prancis tidak terbiasa menyebut nama panjang.

Ia kemudian meminta izin untuk memanggil Joko Widodo dengan Jokowi.

"Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja?"," ungkapnya.

Bernard Chene, pencetus panggilan Jokowi. (YouTube/Presiden Joko Widodo)
Bernard Chene, pencetus panggilan Jokowi. (YouTube/Presiden Joko Widodo)

Tak disangka, nama itupun menjadi populer dan dipakai oleh semua orang. Padahal, awalnya itu hanya panggilan antara dirinya dan Jokowi.

Pun saat ditanya mengenai perasannya yang berhasil mencetuskan nama Jokowi, Bernard mengaku bahagia.

"Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu. Bagus, tidak apa-apa. Saya tidak kenapa-kenapa, senang tidak, sedih juga tidak. Yah, mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya. Bagus!," tandas Bernard.

Panggilan itu pun membawa Bernard dan Jokowi menjalin hubungan persahabatan akrab, tak sekadar rekan bisnis hingga sekarang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS