Addie MS Unggah Video Pemindahan Pohon di Singapura, Warganet Sindir Anies

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Addie MS Unggah Video Pemindahan Pohon di Singapura, Warganet Sindir Anies
Pejalan kaki melintas di antara sisa-sisa pohon yang ditebang di trotoar di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/11). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Warganet yang melihatnya justru salah fokus dan membandingkannya dengan Jakarta

Suara.com - Musisi Addie MS mengunggah sebuah video proses pemindahan pohon besar di Singapura yang dilakukan dengan hati-hati. Warganet yang melihatnya justru salah fokus dan membandingkannya dengan Jakarta.

Melalui akun Twitter @addiems, Addie mengunggah sebuah video singkat proses pemindahan pohon di pinggir jalan. Pemerintah Singapura menggunakan alat berat untuk mengangkat pohon besar beserta akarnya.

"Pemindahan pohon di Singapura. Kagum bagaimana mereka amat berhati-hati dalam memelihara dan menjaga keutuhan pohon-pohonnya," cuit Addie MS seperti dikutip Suara.com, Kamis (14/11/2019).

Addie MS unggah video pemindahan pohon di Singapura (Twitter)
Addie MS unggah video pemindahan pohon di Singapura (Twitter)

Banyak warganet justru membandingkan proses pemindahan pohon di Singapura dengan di Jakarta. Berbanding terbalik dengan yang terjadi di Jakarta, pohon-pohon besar justru ditebang habis.

Hal itulah yang terjadi di Cikini, Jakarta Pusat. Pemprov DKI Jakarta berdalih pohon-pohon tersebut sudah tua, merusak drainase dan konstruksi jalan.

Warganet mengkritisi sikap pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan. Mereka menilai Anies tidak mampu menjaga kelestarian alam.

"Kalau di DKI pindahnya sangat cepat, dan cuma pake alat sederhana kampak. Dan tempat nya pun sederhana yaitu jadi kayu bakar," ujar @putra_sangihe.

"Singapura payah ngurus pohon aja ribet banget, studi banding dong ke Jakarta disini gubernurnya ahli kalau masalah pohon. Di Cikini aja beres sama dia," ungkap @tua_kladi.

"Di Indonesia ditebang aja, nanti bisa dianggarkan lagi untuk beli bibit pohon. Disitu lah letak proyeknya atau ganti pohon plastik, jadi tidak perlu air tapi tetap perlu anggaran untuk belinya," kata @salendra18.

"Kalau di Jakarta sampai kayak gini, bakal gak dapet duit tambahan nanti Pemprov dan Gubernurnya, mending ditebang habis dulu, setelah beres, lalu buat anggaran lagi untuk pembibitan ulang pohon-pohonnya," cuit @hopengkokoh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS