Ma'ruf Amin Saksikan Penyerahan Bantuan Rp 5 Miliar dari Taiwan untuk Palu

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Ma'ruf Amin Saksikan Penyerahan Bantuan Rp 5 Miliar dari Taiwan untuk Palu
Wakil Presiden yang juga Ketua Umum MUI nonaktif Ma'ruf Amin menyaksikan penyerahan bantuan dari pemerintah Taiwan untuk pemulihan gempa di Palu. (Suara.com/Ria Rizki)

Pemerintah Taiwan memberikan bantuan berupa uang untuk pembangunan Islamic Center, Markaz Al Islami, di Palu.

Suara.com - Wakil Presiden yang juga Ketua Umum MUI nonaktif Ma'ruf Amin menyaksikan penyerahan bantuan dari pemerintah Taiwan untuk pemulihan gempa di Palu. Pemerintah Taiwan memberikan bantuan berupa uang untuk pembangunan Islamic Center, Markaz Al Islami, di Palu.

Bantuan yang digelontorkan Pemerintah Taiwan itu sebesar Rp 5 miliar.

Dalam pidatonya Ma'ruf menjelaskan bahwa awalnya Pemerintah Taiwan memberikan dana untuk pembangunan Islamic Center di Palu melalui MUI sebesar Rp 7,5 miliar. Saat itu MUI sangat ingin membantu para korban gempa bencana alam di Palu namun kekurangan dana.

"Tapi yakin (bantuan) uangnya dari dimana-mana. Ternyata salah satu uangnya ada di Taiwan. Oleh karena itu Taiwan ternyata memberikan bantuan melalui MUI untuk Palu," ujar Ma'ruf di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Saat peletakan batu pertama kala itu, Ma'ruf sempat mengatakan kalau dana yang tersedia tidak cukup untuk pembangunan tahap kedua. Namun, Ma'ruf merasa lega karena perwakilan Taipei Economic and Trade Office di Indonesia, John C Chen meyakini akan ada pembangunan tersebut.

"Apa betul nanti ada tahap ke-2 katanya Mr. John Chen, sambil ketawa (pihak Taiwan) manggut 'Iya'. Gempa juga suka begitu, jadi ada tahap pertama ada gempa susulan," ujarnya.

Meski harus menunggu lama, akhirnya tambahan bantuan sebesar Rp 5 miliar pun diberikan Pemerintah Taiwan kepada MUI sembari disaksikan langsung oleh Maruf.

Ma'ruf mengungkapkan bahwa masalah pasca gempa bumi yang terjadi di Palu belum juga tuntas hingga hari ini karena masih banyak rumah korban yang mesti dibangun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS