Erick Thohir: Tak Hanya Ahok, Saya Jadi Menteri BUMN Juga Ada yang Menolak

Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Erick Thohir: Tak Hanya Ahok, Saya Jadi Menteri BUMN Juga Ada yang Menolak
Menteri BUMN Erick Thohir. (Suara.com/Fadil)

"Saya tidak mau direksi BUMN tidak punya empati. Artinya, saat perusahaannya tidak baik, gaya hidupnya sebaliknya.

Suara.com - Menteri BUMN Erick Thohir santai menanggapi Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu yang menolak mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk memimpin perusahaan pelat merah tersebut.

Erick, seusai mengumumkan Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina, menegaskan penolakan seperti itu hal biasa.

Bahkan, Erick mengakui saat Presiden Jokowi menunjuk dirinya menjadi Menteri BUMN pun ada pihak yang tak setuju.

"Ya saya rasa pro kontra tidak hanya Pak Basuki, saya sendiri ada pro kontra, Pak Chandra ada pro kontra," ujar Erick di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Meski ada pro kontra terhadap Ahok, Erick meminta masyarakat memberikan kesempatan bagi yang bersangkutan untuk menunjukkan kinerjanya.

Ia juga meminta masyarakat tidak berpikiran negatif terhadap Ahok, sebelum melihat hasil kinerja saat memimpin PT Pertamina.

"Kasih kesempatan kami bekerja, dan lihat hasilnya. Terkadang kita suuzan, orang ini begini, begini, tanpa melihat hasil,” tuturnya.

Tak hanya itu, Erick juga berharap orang-orang yang ditunjuk menjadi jajaran direksi perusahaan BUMN memiliki akhlak yang baik.

Sebab, menjadi pimpinan di BUMN ataupun pimpinan di salah satu perusahaan BUMN adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

"Saya tidak mau direksi BUMN tidak punya empati. Artinya, saat perusahaannya tidak baik, gaya hidupnya sebaliknya.”

Sebelumya, FSPPB melakukan aksi penolakan atas penunjukan Ahok. Namun, sosok Presiden FSPPB, Arie Gumilar justru menjadi sorotan warganet.

Dalam akun media sosial Instagram miliknya @ariegoem, Arie Gumilar mengunggah sebuah foto saat ia sedang menghadiri Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat. Foto tersebut diunggah pada 2 Desember 2018.

Dalam foto tersebut, tampak Arie berfoto dengan latar Monas yang dipenuhi oleh orang saat Reuni 212. Ia tampak mengenakan kopiah berwarna putih dan surban di bahunya.

Untuk diketahui, kelomopok 212 adalah grup yang menolak Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS