Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: TLJ Intoleransi, Milik Eep Saefulloh Fatah-Sandrina Malakiano?

RR Ukirsari Manggalani
CEK FAKTA: TLJ Intoleransi, Milik Eep Saefulloh Fatah-Sandrina Malakiano?
Ilustrasicake [Shutterstock].

Memuat persyaratan intoleransi soal pemesanan cake, TLJ disebutkan milik pasangan Eep Saefulloh Fatah dan Sandrina Malakiano.

Suara.com - Tous les Jours (TLJ), gerai bakery atau berbagai cake dan roti waralaba dari Korea Selatan sedang menjadi sorotan karena memuat peraturan intoleran soal peraturan penulisan kalimat untuk cake.

Aturan penulisan cake dari Tous les Jours (TLJ) [screen shot di gerai TLJ/Istimewa].
Aturan penulisan cake dari Tous les Jours (TLJ) [screen shot di gerai TLJ/Istimewa].

Seperti dikutip dari  satu cabang Tous les Jours, Pacific Place, Jakarta, sempat tertera pengumuman berbunyi demikian:

Peraturan Penulisan Ucapan Cake

Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profil produk tidak boleh menjual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam.

Store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti:

Ucapan selamat hari besar agama, misal: Natal, Imlek, dll
Perayaan yang tidak sesuai dengan syariat Islam, misal: Valentine, Halloween, dll

Store dibolehkan menulis di atas cake ucapan seperti:

Ucapan selamat hari jadi, misalkan seperti pernikahan,promosi jabatan, dst

Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal: I love you, you're the best

Kemudian dari media sosial disebut-sebut bahwa pemilik Tous les Jours adalah pasangan Eep Saefulloh Fatah dan Sandrina Malakiano.

Bagaimanakah kebenaran kepemilikan dan relasi pasangan Eep Saefulloh Fatah dan Sandrina Malakiano?

Lewat akun media sosial Instagram, @smalakiano, Sandrina Malakiano mengunggah tangkapan layar percakapan warganet. Dinyatakan di media sosial ini, bahwa ia disebut-sebut menjabat sebagai direktur Tous les Jours.

Ia pun menuliskan, "Saya korban hoax". Yaitu membantah kebenaran berita ini.

Sementara sang suami, Eep Saefulloh Fatah, lewat laman Facebook dan Instagram juga menyatakan agar pihak-pihak yang telah menyebarkan berita tidak benar sehubungan relasi mereka dengan Tous les Jours agar menghentikan hoax yang brutal.

Dipetik dari unggahan @eepsfatah, Eep Saefulloh Fatah menyatakan:

(1) Semua informasi yang mengaitkan kami berdua--Sandrina Malaikiano @smalakiano dan Eep Saefulloh Fatah @eepsfatah--dengan Tous les Jours (TLJ) @touslesjoursid, tidak benar sama sekali. Itu sepenuhnya hoax.

Kami bukan pemilik TLJ dan/atau direktur dan/atau pemilik franchise salah satu gerainya. Kami tidak punya kaitan apapun dengan @touslesjoursid . Bahkan sekadar pelanggan pun bukan. Apapaun yang dilakukan TLJ tak ada urusannya dengan kami.

(2) Oleh karena itu, kabar yang beredar tentang sikap intoleran manajemen TLJ @touslesjoursid terhadap pemeluk beragam agama, tak ada kaitan apapun dengan kami berdua.

Mohon berhenti mengait-ngaitkan kami dengan @touslesjoursid. Kami juga meminta pihak @touslesjoursid untuk segera memberikan klarifikasi tentang tak terkaitnya kami sama dekali dengan mereka.

(3) Kami berdua pun tidak sependapat dengan sikap-sikap intoleran semacam itu. Hingga saat ini kami hidup, berteman, bersahabat bahkan berkerabat/berkeluarga dengan pemeluk agam yang beragam dengan terus memegang prinsip saling hormat, saling percaya dan saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing. Sudah seharusnya @touslesjoursid menghentikan kebijakan semacam itu--apapun alasannya.

(4) saat ini kami mempercayakan kepada tim hukum kami untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan berkaitan dengan hoax dan fitnah tentang kami ini. Kami beri kepercayaan tim hukum kami untuk mengambil langkah hukum terhadap siapapun yang--berdasarkan jejak digital yang tersedia--terlibat dalam penyebaran hoax dan fitnah ini.

Sekali lagi mohon tidak asal bicara dan memfitnah kami--dan siapapun--tanpa dasar.

Salam,
EEP SAEFULLOH FATAH
SANDRINA Malakiano21/11/2019

Sementara di laman Facebook, Eep Saefulloh Fatah menuliskan seperti demikian:

Teman-teman,

(1) Semua informasi yang mengaitkan Sandrina Malakiano, isteri saya, dengan Tous le Jours (TLJ)--entah sebagai pemilik, direktur, pemilik franchise salah satu gerainya, dll--tidak benar sama sekali. Itu sepenuhnya hoax.

Sandrina (maupun saya) tidak punya kaitan apapun dengan TLJ. Bahkan, sekadar pelanggan pun bukan.

(2) Oleh karena itu, kabar yang beredar tentang sikap intoleran manajemen TLJ terhadap pemeluk-pemeluk agama tertentu, tak ada kaitan apapun dengan Sandrina (dan kami).

(3) Sandrina sendiri (juga saya) tidak sependapat dengan sikap-sikap intoleran semacam itu. Hingga saat ini, kami hidup, berteman, bersahabat bahkan berkerabat/berkeluarga dengan pemeluk agama yang beragam dengan terus memegang prinsip saling hormat, saling percaya dan saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing.

Tabik,
Eep Saefulloh Fatah
20/11/2019

Sehingga dapat disimpulkan bahwa baik Eep Saefulloh Fatah maupun Sandrina Malakiano bukanlah pemilik Tous les Jours, dan/atau direktur dan/atau pemilik franchise salah satu gerainya. Berita yang disebarkan adalah hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS