Buntut Cuitan Mesut Ozil, #IndonesiaStandsWithUyghur Bergema

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Buntut Cuitan Mesut Ozil, #IndonesiaStandsWithUyghur Bergema
Warga Muslim Uighur sedang menunaikan ibadah sholat. (Shutterstock)

Sejumlah warganet mendukung cuitan Mesut Ozil.

Suara.com - Tagar #IndonesiaStandsWithUyghur bergema di lini masa Twitter sejak Minggu (15/12/2019) pagi. Warganet ramai menuliskan tagar tersebut dalam cuitannya sebagai bentuk kepedulian terhadap etnis minoritas Uighur di China.

Dari hasil penelusuran Suara.com, hingga Minggu siang ada lebih dari 33.000 cuitan yang menuliskan tagar #IndonesiaStandsWithUyghur. Bahkan tagar tersebut menempati urutan keempat pencarian teratas.

Munculnya tagar tersebut sebagai trending topic tak lepas dari cuitan pesepak bola klub Arsenal, Mesut Ozil belum lama ini. Pada Jumat (13/12) lalu, pria berdarah Turki itu membagikan cuitan yang kontroversial.

Dalam cuitannya, Ozil menyatakan dukungan terhadap minoritas Uighur yang hingga kini berada di bawah intimidasi China. Namun dalam pernyataanya, ia merujuk kawasan Xinjiang, China yang notabene dihuni etnis Uighur sebagai "East Turkistan", hingga memancing emosi warga China.

Berbeda tanggapan dari kecaman tersebut, warganet lainnya tampak sependapat dengan dukungan yang diberikan Mesut Ozil, seperti yang dituliskan @BunnyPositively.

"Aku bukan bintang seperti @MesutOzil1088, bukan juga seorang influencer. Aku hanya manusia biasa yang peduli dengan kemanusiaan. Izinkan aku mengabarkan kepada dunia kalau #IndonesiaStandsWithUyghur ##IndonesiaStandsWithUyghur ," tulisnya.

Senada dengan hal itu, pemilik akun @ThenBagoess juga menuliskan, "Orang-orang muslim di Indonesia mendukung @MesutOzil1088 untuk mendesak semua negara muslim mengutuk kekejaman komunis China. #IndonesiaStandsWithUyghur ##IndonesiaStandsWithUyghur ".

##IndonesiaStandsWithUyghur trending topic Twitter. (Twitter)
##IndonesiaStandsWithUyghur trending topic Twitter. (Twitter)

Tak hanya mengungkit cuitan Mesut Ozil, warganet lainnya juga terlihat memberikan dukungan terhadap etnis minoritas Uighur lewat postingan beragam, mulai dari mengunggah foto mengenai etnis tersebut hingga menuliskan cuitan solidaritas seperti berikut.

"Ini bukan soal agama, ini soal hak asasi manusia. #IndonesiaStandsWithUyghur #SaveUyghurMoslem," kata @NMoekijat.

"Indonesia adalah negara muslim terbesar. Kami mengutuk perlakuan China terhadap Uyghur di Xinjiang. Dan saya berharap kita bisa melawan ini #IndonesiaStandsWithUyghur ##IndonesiaStandsWithUyghur," terang @Sultan_AlFatih_.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS