Draf RUU Perlindungan Data Pribadi Rampung, Menkominfo: Tunggu Surpres

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Draf RUU Perlindungan Data Pribadi Rampung, Menkominfo: Tunggu Surpres
Menkominfo Johnny G Plate. [Suara.com/Ria Rizki]

Nantinya bukan hanya soal RUU Perlindungan Data Pribadi yang akan dibahas di parlemen. Namun ada sejumlah RUU lainnya yang akan turut dibahas termasuk soal omnibus law.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi telah selesai dikemas dalam bentuk draf. Tahap selanjutnya pihaknya tengah menanti surat presiden (surpres) untuk dikirim ke DPR.

"UU Perlindungan Data Pribadi saat ini sudah selesai draftnya kita menunggu surpres untuk dikirim ke DPR," kata Johnny di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Senin (30/12/2019).

Johnny menyebut untuk RUU Perlindungan Data Pribadi tersebut sudah masuk ke dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas inisiatif pemerintah 2020.

Kata Johnny, nantinya bukan hanya soal RUU Perlindungan Data Pribadi yang akan dibahas di parlemen. Namun ada sejumlah RUU lainnya yang akan turut dibahas termasuk soal omnibus law.

"Fokus pentingnya di omnibus law karena itu terkait banyak, cipta lapangan pekerjaan dan kompilasi dari 74 undang-undang sambil yang EDP juga penting," ujarnya.

Terkait dengan rencana banyaknya pembahasan tersebut, Johnny mengungkapkan nantinya akan mengkoordinasikan dengan pihak DPR untuk waktu pembicaraan.

"Tinggal dikoordinasikan menyusunnya bagaimana untuk waktu yang ada di DPR," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS