alexametrics

Kumpulkan Pejabat Pusat dan Daerah, MenpanRB Bakal Bahas Perampingan Eselon

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Kumpulkan Pejabat Pusat dan Daerah, MenpanRB Bakal Bahas Perampingan Eselon
Menpan RB Tjahjo Kumolo. [Suara.com/Ria Rizki]

Menpan RB Tjahjo Kumolo akan mengundang unsur yang sudah disebutkan itu pada 16 Januari 2020 mendatang.

Suara.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo memastikan proses reformasi birokrasi akan dimulai pada 2020.

Langkah tersebut bakal direalisasikan dengan mengundang pejabat setingkat sekretaris jenderal, sekretaris menteri hingga sekretaris daerah untuk menyampaikan konsep perampingan birokrasi tersebut dalam waktu dekat.

Tjahjo menjelaskan, pihaknya akan mengundang unsur yang sudah disebutkan itu pada 16 Januari 2020 mendatang.

"Untuk menyampaikan konsepnya bahwa target kami tahun ini semua selesai," jelas Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada Selasa (14/1/2020).

Baca Juga: Pejabat Eselon Tiga dan Empat Diganti Robot, Menkominfo: Masuk Akal

Dalam agenda tersebut, pihaknya akan menerangkan bagaimana roadmap dari perampingan birokrasi yang semula diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Adapun perampingan birokrasi tersebut ialah dengan cara menghilangkan pejabat eselon III dan IV lalu diubah menjadi fungsional.

Tjahjo mengungkapkan tidak ada kesulitan berarti dalam menjalankan program reformasi birokrasi tersebut.

Bahkan, ia mengaku sudah memulai untuk melakukan perampingan di lingkungan kantornya sendiri. Selanjutnya, Tjahjo berharap proses perampingan tersebut bisa rampung terlaksana secara cepat.

"Kalau bagi kementerian atau lembaga saya kira enggak ada masalah, saya sudah memulai, kemudian kementerian BUMN malah dimulai dari eselon I-nya sampai ke bawah, saya kira enggak ada masalah," katanya.

Baca Juga: Khofifah: Kata Jokowi, Pemangkasan Eselon Tak Kurangi Kesejahteraan

Komentar