Pelecehan Seksual di Jalan Mulia Otista Jaktim Kerap Ada Sejak 1980-an

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Pelecehan Seksual di Jalan Mulia Otista Jaktim Kerap Ada Sejak 1980-an
Jalan Mulia Kelurahan Bidara Cina kerap menjadi lokasi tempat pelecehan seksual terhadap perempuan. [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Menurut Asep pelaku tidak pernah terungkap, sebab korban tidak pernah berniat melaporkan kasusnya ke pihak yang berwajib.

Suara.com - Pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Gang Mulia, Jalan Otista Raya, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur pada Senin (20/1/2020) kemarin membuat warga RT 08/08 resah. Sebab kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi di gang tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris RW 08, Asep yang mengakui di lokasi itu memang kerap menjadi tempat tindak kriminal seperti penjambretan hingga begal payudara dan pantat, bahkan kejadian serupa telah terjadi sejak tahun 1980-an.

"Di sini memang sering kejadian kayak gitu. Sudah dari tahun 80-an, pokoknya semenjak jalan dari Kebon Nanas tembus ke sini kan itu 1979 kalau enggak salah. Setelah itu lah pokoknya sering kejadian kayak begitu," kata Asep kepada Suara.com, Selasa (21/1/2020).

Menurut Asep pelaku tidak pernah terungkap, sebab korban tidak pernah berniat melaporkan kasusnya ke pihak yang berwajib. Pengurus RW hanya melaporkan ke Babinkamtibmas agar memperketat pengamanan pasca kejadian.

"Selama ini korban enggak ada yang berani lapor, kita sudah tawarkan untuk lapor tapi enggak mau, trauma mungkin," ucapnya.

Namun dia menyebut pihak RT dan RW sudah semaksimal mungkin menjaga wilayahnya dengan memasang kamera pengawas (CCTV).

"CCTV ada lima, depan, samping, sampai sini, ya ini usaha dari RT RW, udah setahun dipasang karena ini kan kejadian berulang, kita bisa nangkeplah sekarang orang tersebut, soalnya meresahkan warga juga," jelas Asep.

Selain CCTV, pengurus RW juga telah mengadakan kegiatan ronda malam, hingga penutupan portal agar jalan alternatif itu tak dilewati sembarang orang selain warga.

"Ada ronda tiap malem, kalau malem sih aman tidak masalah, kalau malam portal kami tutup jam 00.00 WIB, buka lagi jam 05.00 WIB," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus pelecehan seksual terhadap perempuan lagi-lagi terjadi. Setelah sempat terjadi aksi begal payudara di kawasan Bekasi, Jawa Barat, kali ini terjadi aksi begal bokong di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Informasi tersebut dibagikan oleh akun Insragram @warung_jurnalis. Disebutkan jika insiden tersebur menyasar seorang mahasiswi di Gang Mulia, Jalan Otista, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Jumat (17/1/2020) lalu.

Dalam video itu, pelaku misterius yang berkendara menggunakan motor jenis Honda Scoppy tersebut mendekati korban dari arah belakang. Saat posisi sudah mendekat, pelaku langsung meremas bokong korban.

Korban langsung berteriak dan mengejar atas perlakuan tak senonoh itu. Namun, pelaku berhasil kabur dan tak tertangkap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS