Alat Radiologi RSCM Terendam Banjir, Humas: Baru Pertama Kali Terjadi

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Alat Radiologi RSCM Terendam Banjir, Humas: Baru Pertama Kali Terjadi
Banjir Jakarta yang terjadi sejak Minggu (23/2/2020) dini hari WIB melanda sejumlah wilayah di Ibu Kota. Tak hanya rumah warga, sejumlah fasilitas seperti rumah sakit dikabarkan turut terendam banjir. Salah satunya adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM.

Alat radiologi dan radioterapi yang terendam masih dalam tahap pengeringan.

Suara.com - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta sejak Sabtu (22/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020) dini hari membuat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terendam banjir. Bahkan, sejumlah alat-alat radiologi dan radioterapi ikut terendam air.

Direktur Pengembangan dan Pemasaran Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Ratna Dwi Restuti menyebut insiden itu baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, air tidak pernah menggenang di RSCM.

"Waduh, semalem hujan deras ya mungkin ketika hujan deras itu saja. Ini baru pertama kali terjadi," kara Ratna di RSCM.

Kekinian alat radiologi dan radioterapi yang terendam masih dalam tahap pengeringan. Jika proses pengeringan rampung, alat-alat tersebut akan di coba apakah masih berfungsi dengan baik.

"Radiologi dan sebagian radioterapi tapi sudah dikeringkan semua tinggal menunggu uji coba alatnya," kata dia.

Ratna menuturkan, alat-alat radiologi terdapat di beberapa unit. Jadi, untuk pelayanan radiologi bisa dialihkan ke gedung lainnya.

"Kebetulan hari ini hari libur, radiologi kebetulan kami ada beberapa unit, jadi tidak hanya ditempat ini, ditempat lain kan ada di unit lain dirumah sakit ini dialihkan kesana," kata Ratna.

Sementara Kepala Bagian Pemasaran RSCM Dr. Ananto mengatakan air mulai menggenang di sepanjang selasar Gedung RSCM sejak pukul 05.00 WIB dini hari. Alhasil, ruanangan radiologi dan radioterapi terkena dampak.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB air sudah mulai surut. Dia mengkalim, pelayanan pasien di RSCM hingga kekinian tidak terganggu akibat banjir.

"Sampai saat ini pelayanan pasien di RSCM tidak terganggu dan tetap berjalan seperti biasa baik itu di ruang gawat darurat (IGD) maupun di ruang rawat inap," kata dia.

Tinjau Lokasi

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi RSCM untuk melakukan pemantauan. Dia mengaku, seluruh alat-alat yang terendam sudah di cek dan dikeringkan.

"Saya melihat semua peralatan yang terendam. Kemudian saya mengecek apakah bisa dipercepat untuk berfungsi lagi atau tidak. Karena itu menyangkut kepentingan orang banyak ya," kata Terawan di RSCM, Minggu (23/2/2020).

Terawan mengatakan, pihaknya akan memanggil vendor alat-alat tersebut. Hal itu dilakukan agar alat-alat tersebut kembali beroperasi.

"Kami cek, sudah dibersihkan semua. Vendor-vendor kami panggil sesuai dengan merk alatnya untuk bisa dipercepat agar alat-alat tersebut bisa beroperasional segera," sambungnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS