9 WNI Terinfeksi Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess

Pebriansyah Ariefana | Yosea Arga Pramudita
9 WNI Terinfeksi Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Petugas kesehatan di Jepang memindahkan penumpang yang positif terjangkit virus corona dari kapal pesiar Diamond Princess ke rumah sakit untuk dirawat. (Foto: AFP)

Diketahui, kapal tersebut kekinian berada di Yokohama, Jepang.

Suara.com - Sejauh ini sudah ada 9 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit Virus Corona Covid-19 di Kapal Diamond Princess. Angka tersebut meningkat dari sebelumnya yang hanya terdapat 4 orang yang positif terjangkit virus mematikan tersebut.

"Saya terangkan nih, WNI yang kena kan juga dirawat oleh pemerintah Jepang yang sembilan orang itu," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (24/2/2020).

Hingga kekinian, pemerintah masih menjalin negosiasi dengan pemerintah Jepang untuk melakukan proses evakuasi. Diketahui, kapal tersebut kekinian berada di Yokohama, Jepang.

"Ya tergantung kalau mereka ngasih ya segera kita proses, sama dengan kita yang terus bernegosiasi dengan Jepang mengenai upaya, teknik yang paling baik untuk bisa mengeluarkan mereka. Jadi ini nego terus, tapi kita nego harus dengan cara jangan semaunya sendiri," sambungnya.

Sebelumnya, tercatat WNI yang berada di sana berjumlah 78 orang. Mereka bekerja sebagai kru kapal Diamond Princess. Namun empat dari mereka dinyatakan positif terjangkitvirus novel Corona.

Hal itu dikonfirmasi oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha usai mendapatkan informasi dari otoritas Jepang.

"Jadi hingga 19 Februari 2020 kami mendapatkan informasi ada konfirm 4 warga negara kita yang terinfeksi corona di kapal Diamond," kata Judha saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS