Anies dan Kang Emil Tak Hadir Rapat Bahas Banjir, DPR: Tak Punya Hati

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Anies dan Kang Emil Tak Hadir Rapat Bahas Banjir, DPR: Tak Punya Hati
Ilustrasi rapat di komisi DPR RI. (Suara.com/Novian)

"Pimpinan daerah tidak punya hati untuk memberikan kenyamanan kepada rakyat."

Suara.com - DPR RI menyesalkan tindakan tiga gubernur yang diundang untuk membahas masalah banjir di Jabodetabek. Ketiganya disebut tak punya hati.

Hal ini diungkap oleh anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Nasdem, Roberth Rouwsaat saat rapat kerja bersama pemerintah pusat dan daerah. Tiga Gubernur yang tak hadir itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Menurut Robert, banjir di Jakarta khususnya semakin parah karena air sudah memasuki kawasan ring 1 seperti Istana Presiden. Namun ia menyesalkan sikap gubernur yang tak mau memberikan penjelasan soal kejadian ini.

"Pimpinan daerah tidak punya hati untuk memberikan kenyamanan kepada rakyat. Untuk apa kami punya perhatian besar tapi (kepala) daerahnya tidak," ujar Robert di gedung DPR RI, Rabu (26/2/2020).

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP Sadarestuwati juga menyayangkan ketidakhadiran tiga gubernur itu. Ia menyebut tak ada lagi rapat dilakukan jika pihak yang berkepentingan tidak memberikan penjelasan.

Padahal, kata Restu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito sudah memenuhi undangan.

"Untuk apa kita hadir di sini kalau yang berkepentingan saja tidak ada disini. Saya kira perlu dievaluasi," jelasnya.

Ia menyebut tiga gubernur itu tidak membutuhkan rapat ini. Menurutnya kehadiran tiga pimpinan daerah itu penting karena pemberitaan soal banjir ini tengah ramai di publik.

"Kita semua hadir ini untuk memecahkan solusi mereka akan tetapi malah diabaikan," imbuhnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS