BNPB: 9 Orang Tewas Saat Banjir di Jakarta dan Sekitarnya Selasa Kemarin

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
BNPB: 9 Orang Tewas Saat Banjir di Jakarta dan Sekitarnya Selasa Kemarin
Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengevakuasi balita dan anak-anak yang terjebak banjir di kawasan Kramat Jati, Sabtu (9/2/2020). Banjir di kawasan itu terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung sejak malam hari. [Damkar Jaktim]

Korban teridentifikasi di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi.

Suara.com - Banjir yang terjadi sejak Selasa (25/2/2020) di sejumlah wilayah di Jabodetabek memakan korban jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sampai Kamis (27/2/2020), sembilan orang dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan jumlah ini didapat dari laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops BNPB). Korban teridentifikasi di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi.

Berikut nama-nama korban akibat banjir di tiga lokasi itu:

Kota Bekasi:

  1. Muhamad Jamil (10 tahun)
  2. Faizin (51 tahun)
  3. Faisal Amri (25 tahun)
  4. Muhammad Khairil Amri (15 tahun)

DKI Jakarta:

  1. Sultan (15 tahun)
  2. Asnati (67 tahun)
  3. Agus Wijayanto (15 tahun)

Kota Tangerang Selatan

  1. Desta (12 tahun)
  2. Nazar

Sementara itu, Pusdalops BPBD Kabupaten Bekasi, kata Agus, melaporkan banjir di wilayahnya berdampak pada 4.889 Kepala Keluarga (11.357 jiwa). Sampai hari ini pukul 12.00 WIB menyebutkan ketinggian air awal banjir beragam dari 20 hingga 150 sentimeter.

"BPBD setempat dan instansi terkait telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi dan kaji cepat di lapangan," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang dikutip Suara.com, Rabu (27/2/2020).

Sedangkan di wilayah Kota Bekasi, ia menyebut jumlah warga mengungsi sebanyak 16.173 Kepala Keluarga atau 48.732 jiwa. Total penduduk tersebut tersebar di 47 kelurahan.

"Dari jumlah tersebut, 1.476 jiwa mengungsi akibat banjir. Kondisi saat ini dilaporkan BPBD setempat telah kondusif," tuturnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS