Garuda Indonesia Tetap Bakal Jemput Jemaah Umrah Meski Dilarang Arab Saudi

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Garuda Indonesia Tetap Bakal Jemput Jemaah Umrah Meski Dilarang Arab Saudi
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra saat memberikan keterangan pers terkait penghentian ibadah umrah yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. (Suara.com/Achmad Fauzi).

Maskapai pelat merah itu rela mejemput jemaah dari Arab Saudi, meski tak membawa penumpang dari Indonesia.

Suara.com - Maskapai Garuda Indonesia memastikan bakal tetap membawa pulang jemaah yang telah terlanjur umrah di Arab Saudi. Meski, saat ini negara petro dolar itu melarang penerbangan ke sana.

Maskapai pelat merah itu rela mejemput jemaah dari Arab Saudi, meski tak membawa penumpang dari Indonesia.

"Garuda tetap komit bawa pulang, jadi kita akan pergi kosong dan bawa pulang," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra di Kantornya, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut Irfan, pelarangan penerbangan dari Arab Saudi jadi pukulan untuk jemaah. Apalagi jemaah yang benar-benar baru akan melakukan ibadah umrah.

"Tentu jadi kewajiban kami untuk teman yang lagi umroh dan punya jadwal pulang. Kita lagi pikirkan caranya untuk semua pihak," ucapnya.

Sebelumnya, Maskapai Garuda Indonesia mengakui penerbangannya ke Arab Saudi gagal berangkat. Hal ini setelah, adanya pelarangan penerbangan dari pemerintah Arab Saudi.

Irfan menjelaskan, setiap hari ada empat penerbangan ke Arab Saudi, dengan rute Jakarta-Jeddah dan Jakarta-Madinah.

Beberapa penerbangan, lanjutnya, masih bisa melakukan penerbangan. Namun setelah penerbangan terakhir GA 980 pukul 11.30 WIB, penerbangan Garuda Indonesia lainnya tak dapat izin dari Pemerintah Arab Saudi.

"Umrah ini agak menarik. Beberapa sudah berangkat, GA 860 tetap berangkat dengan isi. Tapi saya barusan maaf dapat info, ditolak berangkat. Jadi sudah antre dicheck-in counter tapi dinyatakan enggak boleh berangkat," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS