Pesan Menteri Tito ke Warga soal Corona: Jangan Stres dan Terus Berdoa

Agung Sandy Lesmana
Pesan Menteri Tito ke Warga soal Corona: Jangan Stres dan Terus Berdoa
Mendagri Tito Karnavian seusai bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki).

"Tidak perlu panik dan pejabat tak perlu mengeluarkan komentar sendiri-sendiri, apalagi komentarnya sektoral...."

Suara.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengajak masyarakat meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi ancaman penyakit akibat virus Corona yang ditemukan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Sebab menurutnya, dengan daya tahan tubuh yang kuat maka dengan sendirinya dapat menolak virus.

"Mari kita melakukan pencegahan dengan memperkuat daya tahan tubuh, tidak stress, dan terus berdoa. Stress rendah, imunitas tinggi. Tingkat stress tinggi, imunitas tubuh kita rendah," tuturnya membuka acara Rapat Kordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Regional I di Surabaya, Rabu, (4/3/2020).

Mantan Kapolri ini juga meminta pejabat atau kepala daerah tidak mengeluarkan komentar terkait virus corona atau covid-19 yang malah membuat masyarakat panik.

"Tidak perlu panik dan pejabat tak perlu mengeluarkan komentar sendiri-sendiri, apalagi komentarnya sektoral. Kita sudah biasa (menghadapi situasi seperti ini)," ujar Tito seperti dilansir Jatim Net.

Tito mengatakan Indonesia sudah biasa dan berhasil mengurangi dampak penyebaran penyakit mematikan yang diakibatkan virus seperti SARS, MERS, dan Demam Berdarah.

Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian, tingkat kematiannya penyakit yang diakibatkan virus corona lebih rendah dibanding influenza.

"Jangan menjadi cemas dan panik sampai melakukan hal yang tidak perlu. Menimbun stok bahan makanan tidak perlu. Stok bahan makanan cukup. Tidak perlu juga menimbun masker," katanya.

Sejauh ini pemerintah telah siap menghadapi penyebaran virus yang diberi kode Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sejumlah rumah sakit telah disiapkan untuk menerima pasien terduga terjangkit virus corona.

Tito juga mengimbau masyarakat tidak langsung percaya mengenai informasi yang beredar di media sosial. Sebab potensi hoaks di balik wabah virus corona pasti ada.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS