Efek Virus Corona, Harga Masker Makin Tak Masuk Akal Tembus Rp 31 Juta

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Efek Virus Corona, Harga Masker Makin Tak Masuk Akal Tembus Rp 31 Juta
Ilustrasi masker. (Shutterstock)

Satu kotak masker isi 50 lembar dijual sampai Rp 31 juta

Suara.com - Harga masker terus mengalami lonjakan setelah Presiden Jokowi mengumumkan adanya kasus virus corona baru COVID-19 di Indonesia. Kekinian, masker tersebut dijual hingga menembus Rp 31 juta per kotaknya.

Masker dengan merek Sensi tersebut dijual melalui toko online Shopee bernama filter.jr.red9, demikian dilaporkan Keepo -- jaringan Suara.com, Kamis (5/3/2020).

Selain itu, toko bernama el.elsa.shop10 dan ernny45.aye5 juga menjual masker dengan harga yang sama.

Dalam keterangan produk, satu kotak masker dihargai Rp 31.000.900 berisi 50 lembar. Meski demikian belum ada satupun orang yang membelinya.

Selain ketiga toko tersebut, ada pula sejumlah toko yang menjajakan masker dengan harga tak kalah fantastis hingga jutaan.

Heboh masker dijual Rp 31 juta (ist)
Heboh masker dijual Rp 31 juta (ist)

Toko tersebut antara lain maskrsensi47, apotikanugrah1, dan vamela77 menjual masker Sensi seharga R p15,5 juta per kotak. Selain itu, ada toko masker00, ibuirmashop33, irmalatanishp22, ibu.irmawati04, dan uns_officialll yang menjual masker Sensi Rp 12,4 juta per kotak.

Saat Suara.com mencoba menelusuri toko-toko tersebut, kini toko tersebut sudah tidak ada lagi di toko online.

Toko online bandel ditindak

Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi mengatakan, akan menindaklanjuti kalau ada mitra penjual masker dengan harga tak masuk di akal.

"Shopee juga akan terus berkomunikasi dengan mitra-mitra penjual untuk memastikan harga masker dijual sesuai harga normal," kata Aditya dalam keterangan persnya, Selasa (3/3/2020).

Sementara External Commnications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, platformnya secara aktif terus berupaya memastikan tidak ada kenaikan harga yang tidak wajar, terutama untuk produk masker kesehatan.

"Kami juga turut mengimbau masyarakat agar dapat melaporkan produk-produk dengan harga yang tidak wajar, langsung dari fitur laporkan yang ada di setiap halaman produk," katanya.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS