Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Korlap FPI Sebut Habib Rizieq Punya Penangkal Corona?

Dany Garjito | Fita Nofiana
CEK FAKTA: Benarkah Korlap FPI Sebut Habib Rizieq Punya Penangkal Corona?
Foto tentang tanggapan Korlap FPI (facebook/Achoacho)

Terdapat sebuah narasi foto judul berita yang menyatakan, Korlap FPI sebut hanya Habib Rizieq lah yang punya penangkal corona. Benarkah?

Suara.com - Beredar unggahan screenshoot (tangkapan layar) dalam laman Facebook yang menampilkan tanggapan Korlap FPI tentang corona. Pada unggahan itu, terdapat sebuah narasi foto judul berita yang menyatakan, bahwa hanya Habib Rizieq lah yang memiliki penangkal corona.

"Di Tanya soal Corona Korlap FPI: Hanya Imam Besar kami yg punya Penangkal virus Corona, karna Imam besar kami cucu Nabi," dalam sebuah judul berita.

Foto screenshoot judul berita itu mulanya diunggah oleh akun Facebook Acho Acho di laman group Ganjar Pranowo Presiden Ku 2024 pada Rabu (18/3/2020). Akun tersebut juga menambahkan caption, "mau ketawa tapi takut kadrun marah."

Namun, apa benar Korlap FPI memberi tanggapan tersebut?

Status di Facebook tentang Habib Rizieq punya penangkal virus corona hoaks. Tangkapan layar (Facebook)
Status di Facebook tentang Habib Rizieq punya penangkal virus corona hoaks. Tangkapan layar (Facebook)

Penjelasan

Setelah ditelusuri Suara.com, foto judul berita itu merupakan hasil editan. Sejauh ini, tidak ada pernyataan apapun dari Imam Besar FPI menyangkut penangkal virus corona.

Melalui penelusuran, foto tersebut nyatanya identik dengan foto yang pernah diunggah oleh teropongsenayan.com.

Aslinya foto itu merupakan foto artikel berjudul "Pimpin Ratas, Jokowi Kembali Pakai Jaket Asian Games" yang diunggah pada Jumat (4/5/2018). Foto asli itu setidaknya telah mengalami tiga kali suntingan.

Foto Asli (https://www.teropongsenayan.com/)
Foto Asli (https://www.teropongsenayan.com/)

Pertama, adanya pemotongan gambar, sehingga foto mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak terlihat. Kedua, kepala Presiden Joko Widodo yang diganti dengan wajah seorang pria. Papan nama juga diganti dari Presiden menjadi Korlap FPI.

Selain foto, judul juga tidak ditulis dengan kata baku dan ejaan yang disempurnakan, misal kata 'yang' ditulis dengan 'yg',  kata 'karena' ditulis dengan 'karna'.

Hingga Kamis (19/3/2020), vaksin untuk Covid-19 belum diresmikan. Beberapa peneliti di berbagai negara memang sedang mengembangkannya.

Ilmuwan di Kaiser Permanente Washington Research Institute di Seattle AS, memulai eksperimen vaksin tahap pertama dan masih pada tahap pengujian pada 45 orang relawan.

Begitupun dengan ahli epidemiologi asal China, Chen Mei mengatakan bahwa lembaga penelitian milik Akademi Kesehatan Militer China baru siap untuk melakukan uji coba klinis terhadap vaksin penangkal virus corona Covid-19.

Melansir dari Dailymail, Chen Wei yang juga pemimpin proyek pengembangan vaksin tersebut memastikan bahwa vaksin yang dibuat sudah sesuai standar dan kualitas yang ditetapkan internasional.

Selain China, negara lain yang juga tengah mengembangkan vaksin Covid-19 adalah Jerman dan Israel.

Kesimpulan

Foto yang beredar di laman Facebook di mana menyebut tanggapan Korlap FPI terkait corona tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS