Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Bayi Baru Lahir Sebut Makan Telur Bisa Cegah Corona, Ini Faktanya

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Bayi Baru Lahir Sebut Makan Telur Bisa Cegah Corona, Ini Faktanya
Unggahan soal warga berebut telur rebus. (Instagram/@lambe_turah).

Untuk itu, Michye Masela Fatlolona menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak atas kegaduhan yang terjadi lewat unggahan berikut ini.

Suara.com - Jagat media sosial dihebohkan dengan ungahan mengenai bayi yang baru lahir menyebut makan telur rebus bisa mencegah virus corona Covid-19. Unggahan tersebut viral di media sosial dan menjadi perbincangan di kalangan warganet.

Salah satunya dibagikan oleh akun Facebook La Maddukellieng belum lama ini. Akun tersebut membagikan video sekumpulan orang yang tengah berebut telur.

Mereka mengerubungi mobil pikap yaag menjual telur di pinggir jalan. Setelah menyodorkan uang, orang-orang itu beranjak membawa satu rak telur.

Sementara dalam narasi unggahannya, akun La Maddukellienh menuliskan mengenai kejadian tersebut

"Bayi baru lahir bisa bicara katanya makan telur tengah malam bisa menangkal virus corona, dalam hitungan menit telur habis terjual. Berita Hoax dipercaya pemerintah dan ulama diabaikan #hoax3 #imanandadiuji," demikian tulisnya seperti dikutip Suara.com, Kamis (26/3/2020).

Unggahan soal warga berebut telur rebus. (Instagram/@lambe_turah).
Unggahan soal warga berebut telur rebus. (Instagram/@lambe_turah).

Bidikan layar unggahan itu kemudian ramai dibagikan ulang di jejaring Instagram, seperti akun @lambe_turah.

Namun, belakangan diketahui informasi yang mengklaim bayi baru lahir berkata makan telur bisa mencegah virus corona adalah palsu.

Klarifikasi Penyebar Informasi

Setelah berita tersebut viral, akun Facebook Michye Masela Fatlolona memberikan klarifikasi. Ia mengaku sebagai orang yang pertama membagikan informasi yang beredar.

Ia mengaku tak berniat menyebar berita hoaks, sebab unggahannya tersebut diperoleh dari akun lain. Apalagi, pihak berwenang diketahui telah memberikan pernyataan mengenai informasi tersebut.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS