Ikut UTBK dan SBMPTN? Yuk Daftar LTMPT, Begini Caranya

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Ikut UTBK dan SBMPTN? Yuk Daftar LTMPT, Begini Caranya
Pendaftaran Akun LTMPT 2020. (Dok : UGM).

Sedangkan hasil UTBK akan diumumkan pada 12 mei 2020.

Suara.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN melalui jalur Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020, diharuskan untuk segera mendaftar ke akun LTMPT tahap 2.

Hal tersebut bertujuan agar para calon mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Pasalnya, penutupan registrasi akun LTMPT tahap 2 akan berakhir pada Senin (5/4/2020).

 Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akun LTMPT pada tahap pertama (untuk SNMPTN) bisa melakukan registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/.

Jika sudah masuk ke laman tersebut, selanjutnya kalian bisa mengisi data dengan memilih menu verifikasi dan validasi data siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna dan verifikasi data. Di menu pendaftaran, peserta sekaligus bisa memilih jenis dan sesi ujian serta lokasi UTBK PTN  yang dipilih setelah sebelumnya mendapat slip pembayaran agar bisa mencetak kartu peserta UTBK. 

Oh ya, yang perlu kamu ingat bahwa proses pendaftaran akun LTMPT dimulai sejak 17 februari hingga 5 April 2020. Selanjutnya pendaftaran UTBK selambat-lambatnya pada 11 April. Adapun pelaksanaan ujian UTBK pada 20-26 April 2020 dimana setiap harinya terdapat 2 sesi, pagi dan siang. Sedangkan hasil UTBK akan diumumkan pada 12 mei 2020. 

Seperti diketahui, jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan portofolio calon mahasiswa. Sedangkan Jalur seleksi SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil UTBK yang terdiri dari tes potensi skolastik dan tes kompetensi akademik.

Persyaratan bagi peserta yang akan mengikuti SBMPTN yakni sudah memiliki nilai UTBK SBMPTN yang masih berlaku, memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendididkan menengah dan lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS