facebook

Tidak Ada Kasus Covid-19 Baru, Taman Kanak-kanak di Vietnam Kembali Dibuka

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Tidak Ada Kasus Covid-19 Baru, Taman Kanak-kanak di Vietnam Kembali Dibuka
Ilustrasi sekolah. (Unsplash/Neonbrand)

Vietnam kembali membuka taman kanak-kanak setelah COVID-19 mereda.

Suara.com - Setelah kembali membuka sekolah dasar pada minggu lalu, Pemerintah Vietnam juga membuka kembali taman kanak-kanak setelah melihat tidak ada perkembangan COVID-19.

Meski demikian, siswa-siswi taman kanak-kanak yang masuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah terjadinya penularan kembali.

Menyadur Channel News Asia (CNA), para petugas taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Vietnam mengukur suhu anak-anak di gerbang sekolah ketikadibuka kembali pada Senin (11/05).

"Para guru memberi tahu kami untuk menggunakan pembersih tangan dan tidak saling menyentuh di sekolah," kata seorang siswa kelas lima, Vu Tuan Phong, di sebuah sekolah dasar di Hanoi dikutip dari CNA.

Baca Juga: Update Corona Global 6 Mei: AS Masih Tertinggi, Anak Vietnam Sekolah Lagi

Sekolah-sekolah di Vietnam juga pulang lebih awal di bandingkan sebelum adanya pandemi COVID-19 ini.

"Orang tua, termasuk saya sendiri, percaya bahwa pemerintah serta sekolah akan mengambil langkah-langkah optimal sehingga anak-anak aman di sekolah dan orang tua tenang untuk bekerja," kata Ngoc Anh, seorang ibu salah satu siswa.

Dibukanya kembali sekolah adalah langkah terbaru Vietnam selama pandemi. Namun penerbangan komersial internasional dan bar masih dilarang untuk dibuka.

"Risiko COVID-19 (di Vietnam) sekarang rendah, dan itu hal yang baik. Tapi kita harus tetap waspada." kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc minggu lalu.

Vietnam hingga kini hanya 288 kasus dan tidak mencatatkan kasus kematian. Negara yang bertetangga dengan China ini juga tidak mencatatkan adanya infeksi baru selama hampir sebulan.

Baca Juga: Tiga Bulan Libur Akibat COVID-19, Siswa di Vietnam Kembali Masuk Sekolah

Komentar