Beredar Tawaran Mudik PSBB Pakai Bigbird, PT Blue Bird Buka Suara

RR Ukirsari Manggalani | Ria Rizki Nirmala Sari
Beredar Tawaran Mudik PSBB Pakai Bigbird, PT Blue Bird Buka Suara
Kendaraan melintas di bawah videotron imbauan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ruas tol Jor di kawasan Pasar Rebo, Jakarta, Kamis (16/4). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Inilah pernyataan Blue Bird terkait mudik PSBB menggunakan Bigbird. Acuannya adalah dukung pemerintah, yaitu tidak mudik.

Suara.com - Beredar sebuah tawaran mudik menggunakan bus Bigbird dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur di linimasa Twitter.  PT Blue Bird mengatakan apapun tawaran jasa yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah bukan resmi dari pihaknya.

Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, Amelia Nasution mengatakan bahwa perusahaannya mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Novel coronavirus atau Covid-19. Dengan demikian PT Blue Bird pun mendukung adanya larangan mudik Lebaran tahun ini.

"PT Blue Bird Tbk dengan ini menginformasikan bahwa kami mendukung kebijakan pemerintah dalam melarang implementasi mudik sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran Covid-19," demikian kata Amelia Nasution lewat keterangan tertulisnya, Selasa (19/5/2020).

Blue Bird, lewat Bigbird pasarkan Mudik Sehat 2020, di saat pandemi Covid-19 di Indonesia [Twitter: @Moesa_nk].
Blue Bird, lewat Bigbird pasarkan Mudik Sehat 2020, di saat pandemi Covid-19 di Indonesia [Twitter: @Moesa_nk].

Oleh karena itu, Amelia Nasution menuturkan apapun promosi jasa yang beredar di media sosial seperti contoh tawaran mudik itu, bukan resmi dikeluarkan oleh pihaknya.

"Komunikasi di luar hal tersebut bukan merupakan komunikasi resmi dari perusahaan," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah brosur digital yang berisikan tawaran mudik dari PT Blue Bird beredar di media sosial Twitter. Promosi mudik di tengah adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu ditawarkan mulai Rp650 ribu untuk tujuan Jakarta ke Yogyakarta.

Brosur itu mengatasnamakan Bigbird yang tidak lain adalah layanan transportasi bus yang dikelola oleh PT Blue Bird. Dari brosur itu terlihat tawaran mudik dengan menggunakan bis tanpa mengabaikan protokol kesehatan PSBB.

"Mudik sehat PSBB 2020," demikian tertulis dalam brosur itu.

Adapun bus yang ditawarkan berkapasitas 54 kursi. Namun pada tawaran itu hanya disediakan untuk 27 penumpang.

Pada brosur itu juga diterangkan terkait tarif yang dipatok untuk perjalanan mudik. Untuk rute Tangerang - Jakarta - Semarang - Yogyakarta dipatok Rp650 ribu satu kali jalan. Sedangkan untuk rute Tangerang - Jakarta - Surabaya dipatok dengan tarif Rp850 ribu.

Dalam brosur itu juga dibubuhkan keterangan kalau perjalanan mudik Bigbird 2020 tetap mengacu pada peraturan PSBB 2020.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS