Sandiaga Uno Angkat Bicara soal Fadli Zon Sering Kritik Jokowi

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Sandiaga Uno Angkat Bicara soal Fadli Zon Sering Kritik Jokowi
Pengusaha Sandiaga Uno menyampaikan paparannya dalam acara 'Opposition Leaders Economic Forum' di Jakarta, Jumat (13/2). [Suara.com/Oke Atmaja]

Sandiaga Uno tegaskan suara Fadli Zon tak mewakili Partai Gerindra

Suara.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno angkat bicara mengenai sikap Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon yang kerap mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal, Partai Gerindra merupakan bagian dari koalisi Jokowi.

Hal itu disampaikan oleh Sandiaga Uno saat menjadi pembicara di channel YouTube milik ahli hukum tata negara Refly Harun berjudul 'Dicecar Refly, Sandi Uno Blak-blakan Soal Prabowo dan Soal Habis Rp 1 Triliun dalam Pilkada-Pilpres!'.

Awalnya, Refly menyoroti sikap Gerindra dalam duni politik Indonesia. Dua orang kader Partai Gerindra sudah menjadi bagian dari pemerintah, namun seringkali terengar nada sumbang dari kader lainnya, salah satunya Fadli Zon.

"Fadli Zon kok masih gencar melontarkan kritik. Bung Sandi juga sepertinya enjoy-enjoy saja mau mengkritik, mau nggak," kata Refly seperti dikutip Suara.com, Rabu (20/5/2020).

Menanggapi pertanyaan Refly, Sandiaga menegaskan posisi Partai Gerindra dalam kancah perpolitikan, yakni sebagai koalisi pemerintah. Sementara, Fadli Zon yang memiliki jabatan di Partai Gerindra dipastikan tidak mewakili suara Gerindra.

"Fadli Zon dia jubir rakyat. Pak Fadli Zon bicara bukan mewakili Gerindra, dia cuma Fadli Zon sebagai wakil rakyat," jawab Sandiaga.

Sandiaga Uno sebut suara Fadli Zon tak wakili partai (YouTube/ReflyHarun)
Sandiaga Uno sebut suara Fadli Zon tak wakili partai (YouTube/ReflyHarun)

Sandiaga menjelaskan posisinya dengan Fadli Zon sama di Partai Gerindra, yakni tidak ditunjuk menjadi juru bicara. Sehingga ia dan Fadli Zon tidak memiliki kewenangan berbicara mewakili partai.

Meski bukan jubir, Sandiaga mengaku ingin tetap terus berada di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya ia terus gencar bersafari menyerap aspirasi masyarakat dan berusaha memberikan solusi atas masalah-masalah mereka.

"Dia bebas saja mengutarakan rakyat dan dia sama dengan saya tidak diminta untuk menjadi jubir Gerindra," tutur Sandiaga.

Untuk diketahui, Fadli Zon tak lagi dipilih oleh partainya duduk di kurwi wakil pimpinan DPR. Ia juga tak ditunjuk oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai juru bicara khusus partai.

Fadli Zon menegaskan kini dirinya hanyalah juru bicara rakyat.

"Bertahun-tahun jadi jubir Pak Prabowo, jubir partai. Sekarang saya juru bicara rakyat," tegasnya beberapa waktu lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS