alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Anggota Polantas ini Dicekik oleh Kader PKI?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Anggota Polantas ini Dicekik oleh Kader PKI?
Pengemudi cekik polantas [Twitter]

"Polri jadi pelindung PKI, sekarang PKI mencekik leher Polri," bunyi narasi dalam unggahan tersebut.

Suara.com - Seorang pengguna Facebook membagikan sebuah video yang menayangkan seorang pria tengah mencekik anggota polisi lalu lintas. Dalam unggahan itu disebutkan bahwa pria yang tengah mencekik itu adalah seorang anggota PKI.

Narasi yang diunggah oleh akun Facebook Ramissa Daiha ini adalah sebagai berikut.

“POLRI JD PELINDUNG PKI,, SEKARANG PKI MENCEKIK LEHER POLRI, INILAH KEBODOHAN KERJA POLRI YG TDK BS MENUMPAS PKI YG ADA DLM ISTANA NEGARA.,,DAN RAKYAT SDH TDK PERCAYA DGN KERJA POLRI,, SEKIAN MKSH DR KOMANDO SRIKANDI MERAH PUTIH POWER OF RAKYAT PRIBUMI BERGERAK MENUMPAS PKI DLM ISTANA NEGARA DAN MENUMPAS KORUPTOR DLM ISTANA NEGARA”

Unggahan yang menyebut anggota PKI mencekik polisi. (Turnbackhoax.id)
Unggahan yang menyebut anggota PKI mencekik polisi. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah peristiwa pencekikan itu dilakukan oleh seorang anggota PKI terhadap anggota polisi lalu lintas?

Baca Juga: Geprek Bensu Trending, Intip Menu Andalan Bisnis Kuliner Milik Ruben Onsu

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, kabar yang menyebutkan pelaku pencekikan adalah seorang anggota PKI adalah klaim yang salah.

Diketahui, peristiwa pencekikan itu terjadi pada bulan Februari 2020 lalu. Video pencekikan polisi tersebut sempat viral di berbagai sosial media.

Dari pemberitaan Suara.com, aksi menantang petugas kepolisian itu terjadi di Tol Angke, Jakarta Barat, Jumat (7/2/2/2020). Adapun petugas yang ditantang untuk berkelahi adalah anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya Bripka Rudy Rustam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, peristiwa itu bermula tatkala Bripka Rudy tengah melakukan patroli dari arah Tol Angke II menuju arah Timur sekitar pukul 09.30 WIB pagi.

Baca Juga: Beda Dari yang Lain, Kejadian Unik Iringi Pelantikan Wabup Kulon Progo

Rudy lantas melihat sejumlah mobil terparkir di bahu jalan tol yang diduga guna menghindari waktu ganjil genap.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar