Pemilih Jokowi dan Prabowo Merasakan Ekonomi Memburuk karena Covid-19

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Pemilih Jokowi dan Prabowo Merasakan Ekonomi Memburuk karena Covid-19
Peneliti LSI Adrian Sopa. [Suara.com/Erick Tanjung]

Adapun responden yang tidak membuka identitasnya berdasarkan pilihan pada Pilpres 2019 juga memiliki perasaan yang sama.

Suara.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menemukan publik yang tinggal di zona merah Covid-19 merasa ekonomi rumah tangganya memburuk akibat pandemi.

Kondisi serupa juga dirasakan oleh pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta mantan pendukung rivalnya, Prabowo Subianto.

Dari 8.000 responden yang dilibatkan, terdapat 76,3 persen pemilih Jokowi-Maruf pada Pemilihan Presiden 2020 merasa ekonomi rumah tangganya jauh lebih buruk ketimbang sebelum diterpa pandemi Covid-19. Sedangkan, 21 persen responden lainnya merasa tidak ada bedanya dan 2,3 persen responden merasa perekonomian hidupnya jauh lebih baik.

Pun hal serupa juga dirasakan oleh pemilih Prabowo-Sandiaga. Sebanyak 74,2 persen responden pemilih dua tokoh tersebut merasakan perekonomian rumah tangganya menjadi jauh lebih buruk karena Covid-19. Kemudian, 23,3 persen responden menilai tidak ada perubahan yang berarti dan 2,4 persen memilih tidak tahu atau tidak jawab.

"Mereka yang menyatakan kondisi ekonomi memburuk juga mayoritas di pemilih Jokowi - Maruf maupun pemilih Prabowo - Sandiaga," kata Adrian dalam paparan yang dijelaskan secara virtual, Selasa (7/7/2020).

Adapun responden yang tidak membuka identitasnya berdasarkan pilihan pada Pilpres 2019 juga memiliki perasaan yang sama. Sebanyak 71,1 persen responden merasakan ekonomi rumah tangganya juga memburuk. Kemudian 26,4 persen responden memilih tidak ada perubahan dan 1,0 persen memilih tidak menjawab atau tidak menjawab.

Adrian mengatakan perubahan akan kondisi ekonomi dirasakan oleh berbagai kelompok. Bukan hanya untuk wong cilik. Bahkan bagi masyarakat dengan pendapatan di atas Rp 4,5 juta pun ikut merasaka dampaknya.

"Mereka yang menyatakan khawatir juga merata di semua segmen. Baik mereka yang pendidikan tinggi maupun rendah, kelas ekonomi atas maupun bawah, laki-laki maupun perempuan, semua penganut agama, muda maupun tua dan di semua segmen konstituen partai," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS