Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Satpol PP Pamer Pakai Sepeda Brompton?

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Benarkah Satpol PP Pamer Pakai Sepeda Brompton?
Satpol PP Kota Makassar pakai sepeda Brompton (Turnbackhoax.id)

Aksi Satpol PP menggunakan sepeda Brompton diklaim sebagai bentuk pemborosan uang rakyat. Tapi benarkah demikian?

Suara.com - Beredar foto dan video yang menampilkan sejumlah anggota Satpol PP Kota Makassar berpose dengan menaiki sepeda Brompton yang harganya ratusan juta. Aksi para anggota Satpol PP itu disorot publik dan diklaim sebagai bentuk pemborosan uang rakyat.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @nikkichantikgm1. Ia membagikan ulang video YouTube dari TVOne berjudul 'Mahal! Satpol PP Ini Pakai Sepeda Produksi Inggris untuk Bekerja'.

Berikut narasi yang dituliskan oleh akun tersebut:

"Waduh Satpol PP pakai sepeda dengan harga Rp 100 an juta buatan Inggris. Kadang memang ngenes lihat pejabat publik suka banget memfoya-foyakan uang rakyat. Ini Satpol PP daerah mana ya?".

Benarkah klaim tersebut?

Satpol PP Kota Makassar pakai sepeda Brompton (Turnbackhoax.id)
Satpol PP Kota Makassar pakai sepeda Brompton (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Sabtu (11/7/2020), klaim yang menyebutkan sepeda Brompton yang dipakai oleh para anggota Satpol PP untuk bertugas sebagai bentuk pemborosan uang rakyat adalah klaim yang salah. Sepeda Brompton tersebut bukanlah inventaris milik Satpol PP Kota Makassar.

Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud membenarkan bila dalam foto tersebut merupakan anggotanya. Namun, ia membantah bila sepeda Brompton tersebut dibeli dengan menggunakan anggaran daerah.

Sepeda mahal yang dipakai untuk berfoto oleh anggotanya bukanlah milik para anggota Satpol PP. Sepeda Brompton tersebut milik komunitas sepeda yang sedang berkunjung ke Rumah Jabatan Wali Kota Makassar pada 2019.

Saat para anggota sedang berjaga di rumah jabatan PJ Wali Kota Makassar saat itu, Iqbal Suhaeb, ia memerintahkan anggotanya berfoto menggunakan sepeda Brompton dan direkam dalam video.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS