Anies Gelar Salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Begini Suasananya

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Anies Gelar Salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Begini Suasananya
Anies Baswedan Salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Balai Kota, Jumat (31/7/2020). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Sejak pukul 06.30 WIB, jemaah yang terdiri dari para undangan PNS dan beberapa warga sekitar sudah ramai berdatangan

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Adha di Balai Kota. Ia hadir bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI.

Pantauan Suara.com, sejak pukul 06.30 WIB, jemaah yang terdiri dari para undangan PNS dan beberapa warga sekitar sudah ramai berdatangan. Sambil memakai baju muslim, mereka juga membawa sajadah untuk alas salat.

Gema takbir terus berkumandang dari masjid fatahilah selama para jamaah berdatangan. Setelah mengambil wudhu, mereka langsung duduk di shaf salat yang telah disediakan.

Jemaah yang datang cukup ramai sampai-sampai tidak cukup hanya menggunakan bangunan masjid saja sebagai shaf salat. Jemaah yang tak dapat tempat di dalam masjid bisa menggunakan bagian luar dan gedung blok G.

Selain itu para jemaah juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah menggunakan masker dan membuat jarak antar shaf salat agar tidak berdempetan.

Anies dan Riza juga hadir di masjid ini bersama dengan keluarganya. Khusus orang nomor 1 dan 2 di Jakarta itu, disediakan shaf paling depan.

Mantan Mendikbud ini terlihat datang lebih awal dari Riza. Sementara wakilnya itu baru datang sekitar pukul 07.00 WIB.

Salat Idul Adha di Masjid Fatahilah Balai Kota ini diimami oleh H. Munawwir Harris. Lalu yang bertindak sebagai khatib adalah KH. Didin Hafiduddin.

Dalam khotbahnya, Didin menyampaikan ceramah yang berisikan keutamaan Idul Adha dan berkurban. Mengingat situasi pandemi, Didin juga mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga diri.

Caranya dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga kebersihan, dan jaga jarak. Menurutnya mengutamakan keselamatan diri adalah perintah Allah SWT.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS