Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Gibran Akan Tantang Rocky Gerung Debat Terbuka?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Gibran Akan Tantang Rocky Gerung Debat Terbuka?
Cek fakta benarkah Gibran menantang Rocky Gerung berdebat. (Makassar.terkini.id)

Akun Facebook yang menyebarkan kabar itu juga mengunggah foto kolase yang menampilkan Gibran tengah duduk dan Rocky Gerung yang sedang tertawa.

Suara.com - Sebuah unggahan beredar di Facebook yang mengklaim bahwa putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menantang debat pengamat politik Rocky Gerung.

Unggahan itu dibagikan oleh akun Haidir Belitong pada Rabu (29/7/2020) dengan narasi sebagai berikut:

"SUDAH..JGN BYK BACOT AKU TANTANG ROCKY GERUNG DEBAT TERBUKA! Dukung....!!! Debat terbuka di TV-ONE"

Akun Facebook itu juga mengunggah foto kolase yang menampilkan Gibran tengah duduk dan Rocky Gerung yang sedang tertawa.

Cek fakta benarkah Gibran menantang Rocky Gerung berdebat. (Makassar.terkini.id)
Cek fakta benarkah Gibran menantang Rocky Gerung berdebat. (Makassar.terkini.id)

Lalu benarkah Gibran menantang Rocky Gerung debat terbuka di salah satu stasiun televisi?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran yang dikutip Makassar.terkini.id -jaringan Suara.com dari tim cek fakta Medcom.id, klaim yang menyebut bahwa Gibran menantang debat Rocky Gerung adaah klaim yang salah.

Faktanya, foto yang diunggah oleh akun Facebook itu merupakan hasil suntingan. Selain dibuat kolase, masing-masing foto Gibran dan Rocky Gerung telah dilakukan editing.

Potret Gibran dalam foto aslinya diambil kala Calon Wali Kota Solo itu tengah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono d Istana Negara pada tahu 2017 silam

Foto itu dimuat oleh sebuah situs berita Liputan6.com dengan artikel berjudul "Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran saat Bertemu AHY".

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS