Jaga Zona Hijau Kota Singkawang Saat Idul Adha, Tokoh Agama Ikut Dilibatkan

Bimo Aria Fundrika | Ria Rizki Nirmala Sari
Jaga Zona Hijau Kota Singkawang Saat Idul Adha, Tokoh Agama Ikut Dilibatkan
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie . (Dok Youtube/BNPB)

Khusus untuk Idul Adha, tokoh agama pun dilibatkan guna membantu menyampaikan informasi terkait protokol kesehatan.

Suara.com - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menglaim bahwa daerahnya telah berada di level zona hijau atau bebas Covid-19 sejak 20 Juli 2020. Untuk mempertahankan itu, pihaknya pun sangat memperhatikan protokol kesehatan apalagi saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah berlangsung. 

Wanita yang akrab disapa Amie tersebut mengungkapkan pihaknya terus memberikan edukasi soal Covid-19. Khusus untuk Idul Adha, tokoh agama pun dilibatkan guna membantu menyampaikan informasi terkait protokol kesehatan. 

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie . (Dok Youtube/BNPB)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie . (Dok Youtube/BNPB)

"Kita bilang, sampaikan edukasi kita terhadap masyarakat kita yang merayakan Idul Adha untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, pola hidup sehat," kata Amie dalam diskusi Satgas Covid-19 yang disiarkan langsung melalui akun Youtube BNPB, Sabtu (1/8/2020). 

"Saat pemotongan hewan kurban juga sama kita sampaikan kepada mereka semua untuk tetap menjaga kesehatan," tambahnya. 

Cerita tentang zona hijau di Kota Singkawang, perlu kerja keras yang dilakukan sebelumnya. Sebab ia sempat menetapkan status kejadian luar biasa pada 19 Maret lalu. 

Dari situ, Pemerintah Kota Singkawang langsung melakukan penyelidikan epidemiologi dan pengawasan kepada siapapun yang hendak masuk ke kota Singkawang. 

"Kebetulan kota Singkawang itu kota transit yang mau ke kabupaten Bengkayang, jadi kita melakukan penyelidikan epidemiologi pada semua kontak kasus terkonfirmasi," ujarnya. 

Selain itu, Pemerintah Kota Singkawang juga menyiapkan ruang isolasi di setiap rumah sakit. Karantina pusat juga didirikan untuk masyarakat yang harus menjalani masa karantina selama menunggu hasil tes swab ke luar. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS