alexametrics

Jadi Inspektur Upacara, Jokowi Kenakan Baju adat Timor Tengah Selatan

Chandra Iswinarno | Ummi Hadyah Saleh
Jadi Inspektur Upacara, Jokowi Kenakan Baju adat Timor Tengah Selatan
Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan saat Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020). [Screenshot Youtube Sekretariat Presiden]

Sedangkan Wakil Presiden Maruf Amin mengenakan pakaian adat melayu dan Wury Estu Handayani mengenakan baju kurung modern.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dalam upacara tersebut Jokowi mengenakan adat busana daerah dari Kabupaten Timur tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tak lupa mengenakan masker. Sementara Ibu Iriana Jokowi memakai baju kurung modern.

Sedangkan Wakil Presiden Maruf Amin mengenakan pakaian adat melayu dan Wury Estu Handayani mengenakan baju kurung modern. Sejumlah tamu yang hadir mengenakan baju adat dan menggunakan masker.

Upacara dimulai dengan diawali diawali sirine dan dentuman sebanyak 17 kali Sebelum pengibaran bendera Merah Putih, Ketua MPR Bambang Soesatyo yang membacakan teks proklamasi.

Baca Juga: Gelar Upacara HUT Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Ini Kata Anies

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Jokowi. Selanjutnya, Menteri Agama Fachrul Razi bertugas membacakan doa.

Untuk diketahui, tiga anggota Paskibraka Nasional 2020 dalam Tim Sabang ditugaskan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di Halaman Istana Merdeka pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada (17/8/2020).

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. 

Indrian lahir di Bireuen, 10 November 2003, Indrian saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Dua orang lainnya dari tim tersebut yang mengibarkan bendera Merah Putih, yakni Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Baca Juga: Pegawai KPK Diwajibkan Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI Lewat Televisi

Adapun Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yakni Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor. 

Komentar