Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Ada Sosok Berbaju Putih di Kejagung Pasca Kebakaran?

Reza Gunadha | Hernawan
CEK FAKTA: Benarkah Ada Sosok Berbaju Putih di Kejagung Pasca Kebakaran?
Hoax Penampakan Baju Putih Setelah Tragedi Kebakaran Kejagungn (turnbackhoax.id)

Beredar foto sosok berbaju putih usai kebakaran Gedung Kejagung, ternyata hasil suntingan.

Suara.com - Beredar sebuah foto beserta narasi yang mengabarkan bahwa setelah terjadinya tragedi kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung, tampak sesosok orang berbaju putih dengan tangan ke belakang.

Foto beserta narasi tersebut dikabarkan oleh pemilik akun Facebook bernama  Cahaya Mulya pada Senin (24/8/2020).  Unggahan Cahaya Mulya ini telah dibagikan sebanyak 5 kali.

Adapun narasi yang dibuat akun Facebook Cahaya Mulya tersebut adalah sebagai berikut:

Penampakan baju putih tangan ke belakang setelah tragedi kebakaran. Kenapa bukan pas kebakaran dia disitu ya.

Baca Juga: Isu Sengaja Dibakar Hilangkan Kasus, Kejagung: Kasihan Warga Kejaksaan

Hoax Penampakan Baju Putih Setelah Tragedi Kebakaran Kejagungn (turnbackhoax.id)
Hoax Penampakan Baju Putih Setelah Tragedi Kebakaran Kejagungn (turnbackhoax.id)

Lantas apakah benar ada sosok berbaju putih dengan tangan ke belakangan usai tragedi kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan suara.com, klaim tentang sebuah foto bernarasi "penampakan baju putih dengan tangan ke belakang setelah tragedi kebakaran" tersebut merupakan klaim yang salah.

Pasalnya, foto tersebut ternyata merupakan hasil suntingan.

Pada foto identik yang beredar, tidak ditemukan penampakan sosok orang berbaju putih sebagaimana dimaksud.

Baca Juga: Masih Ada Garis Polisi, Kejagung Belum Bisa Hitung Kerugian Pasca Kebakaran

Setelah diusut, foto asli pria berbaju putih tersebut adalah foto Presiden Jokowi saat meninjau kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, pada tahun 2018 silam.

Foto identik dalam unggahan akun Facebook Cahaya Mulya tersebut pernah dimuat dalam berbagai media. Dalam foto identik tersebut, sama sekali tidak terlihat adanya penampakan seseorang berpakaian putih dengan tangan ke belakang usai Gedung Kejaksaan Agung terbakar.

Selain itu, foto Presiden Joko Widodo saat meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau yang ikut disunting ke dalam foto hoax tersebut pun pernah dimuat oleh sejumlah media.

Salah satunya dalam artikel situs kompas.com yang berjudul "Kunjungan Jokowi di Riau, Rapat hingga Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan". Artikel ini terbit pada Selasa (17/9/2019).

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas,  dapat disimpulkan bahwa foto yang menunjukkan adanya sosok berbaju putih dengan tangan ke belakang di Gedung Kejaksaan Agung pasca terjadinya kebakaran merupakan klaim yang tidak benar. Foto tersebut adalah hasil suntingan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS