2.291 Bidan di Indonesia Positif Covid-19, 22 Dinyatakan Meninggal Dunia

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
2.291 Bidan di Indonesia Positif Covid-19, 22 Dinyatakan Meninggal Dunia
Ilustrasi--Tenaga medis dengan alat dan pakaian pelindung bersiap memindahkan pasien positif Covid-19 dari ruang ICU menuju ruang operasi di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). [ANTARA FOTO/Willy Kurniawan]

Selain itu, terdapat pula 913 bidan yang tergolong dalam kasus suspek, 223 kasus kontak erat, dan dua orang bidan dalam kategori probable.

Suara.com - Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengungkapkan bahwa sedikitnya sudah 2.291 orang bidan di Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekretaris Jenderal PP IBI Dr. Ade Jubaedah dalam presentasinya memaparkan dari ribuan bidan positif Covid-19 tersebut terdapat 22 orang bidan yang meninggal dunia.

Kemudian, 1.345 bidan di antaranya telah dinyatakan sembuh dari covid-19, sehingga sisa bidan yang positif Covid-19 masih 924 orang; 746 bidan melakukan isolasi mandiri dan 178 dalam perawatan di rumah sakit.

Selain itu, terdapat pula 913 bidan yang tergolong dalam kasus suspek, 223 kasus kontak erat, dan dua orang bidan dalam kategori probable.

Baca Juga: Innalillahi, Kabar Terbaru dari Nunung Positif Corona

Dr. Ade Jubaedah mengatakan pihaknya sudah semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan meniadakan konsultasi kehamilan langsung, sehingga ibu hamil yang membutuhkan perawatan bidan memang benar-benar dalam keadaan penting saja.

"Salah satunya mengembangkan komunikasi melalui media melalui whatsapp atau media lain, konsultasi dan lain sebagainya itu kita lakukan melalui media, baru untuk pemeriksaannya bisa langsung ke bidan, jadi pasien menghubungi dulu bidan untuk janji temu," kata Ade dalam diskusi dari BNPB, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Dia meminta seluruh bidan baik yang di rumah sakit maupun di klinik mandiri agar bisa benar-benar menjaga protokol kesehatan demi keselamatan diri, serta ibu hamil dan bayinya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS