Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Benarkah Anies Juara Satu Lomba Ngomong Tingkat Internasional?

Reza Gunadha | Hernawan
Cek Fakta: Benarkah Anies Juara Satu Lomba Ngomong Tingkat Internasional?
Cek Fakta Anies Baswedan Juara Pertama Lomba Ngomong Internasional (Turnbackhoax.id).

Beredar foto Anies memegang piala dengan narasi yang mengatakan bahwa ia juara pertama lomba ngomong internasional. Benarkah?

Suara.com - Beredar di linimasa media sosial kabar yang mengklaim bahwa Anies Baswedan menjadi juara pertama lomba ngomong tingkat internasional.

Klaim ini dibagikan oleh pemilik akun Facebook Mas Gun ke dalam grup bernama "ANIES BASWEDAN PRESIDEN RI 2024".

Dalam unggahannya tersebut, Mas Gun menyertakan foto Anies Baswedan saat sedang berbicara sembari mengangkat sebuah piala.

Berikut adalah narasi yang ditulis oleh Mas Gun:

Baca Juga: Cegah Banjir, Anies Minta Pembebasan Lahan di 5 Sungai Jakarta Dipercepat

"PARA PENDUKUNGNYA MENYEBUT NYA KEREN. MAU TANYA KEREN APANYA?"

Cek Fakta Anies Baswedan Juara Pertama Lomba Ngomong Internasional (Turnbackhoax.id).
Cek Fakta Anies Baswedan Juara Pertama Lomba Ngomong Internasional (Turnbackhoax.id).

Lantas bernakah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan suara.com, klaim yang mengatakan bahwa Anies Baswedan juara pertama lomba ngomong tingkat internasional dengan foto sosoknya saat sedang memegang piala merupakan klaim yang salah.

Foto yang diunggah oleh Mas Gun tersebut pernah diunggah pada pemberitaan akurat.co saat Anies mendapatkan Anugerah Penghargaan Kategori Moeslim Choice Goverment Award tahun 2018 silam.

Baca Juga: Pergub PSBB Tak Bisa Jadi Acuan Polisi, Anies-DPRD Mulai Garap Perda Baru

Penghargaan ini diberikan kepada Anies atas kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam menjalankan roda pemerintahan dan berbagai kebijakan yang diterapkan, antara lain penghentian proyek reklamasi di Teluk Jakarta dan memilih Jakarta Propertindo yang merupakan BUMD untuk mengelola lahan reklamasi menjadi lahan prasarana publik.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS