alexametrics

Musim Hujan, Satgas Covid-19 Minta Pemda Siapkan Pengungsian Standar Corona

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
Musim Hujan, Satgas Covid-19 Minta Pemda Siapkan Pengungsian Standar Corona
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito / Foto : Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Musim hujan berpotensi menimbulkan berbagai bencana alam, sehingga pemerintah daerah harus menyediakan pengungsian dengan standar protokol Covid-19.

Suara.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah untuk mempersiapkan diri menghadapi musim penghujan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang tak kunjung membaik. Menurut Wiku, musim penghujan berpotensi menimbulkan berbagai bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, sehingga pemerintah daerah harus menyediakan pengungsian dengan standar protokol kesehatan.

"Jika memang tidak memungkinan jaga jarak, maka sebisa mungkin pemerintah setempat memastikan adanya sirkulasi udara yang baik, sinar matahari yang cukup dan menjaga kebersihan tempat pengungsian," kata Wiku dalam konfrensi pers dari Istana Presiden Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Dia juga meminta pemerintah daerah atau pemda untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang biasa merebak ketika musim penghujan, seperti demam berdarah hingga penyakit kulit.

"Kebersihan lokasi pengungsian ini juga akan menjaga pengungsi dari penyakit lain selama musim penghujan, seperti DBD, lepra, typhus, diare dan penyakit kulit," ujarnya.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Desak Perkantoran Transparan Jika Pekerja Positif Corona

Semua penyakit itu, kata Wiku berpotensi menurunkan imunitas tubuh yang kemudian merembet ke potensi tertular virus Sars-Cov 2 penyebab Covid-19. Sebagai informasi, jumlah positif Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 262.022 orang, dirawat 60.064, sembuh 191.853, dan meninggal dunia 10.105 jiwa.

Komentar