TNI Diduga Bunuh Pendeta Yeremia, Mahfud: Keluarga Larang Jenazah Diperiksa

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
TNI Diduga Bunuh Pendeta Yeremia, Mahfud: Keluarga Larang Jenazah Diperiksa
Menkopolhukam Mahfud MD. [Dokumentasi Kemenko Polhukam]

"Kami mau ke situ itu dihalang-halangi oleh keluarganya, oleh kelompok ini kalau kita mau memaksa lalu dikatakan tindakan kekerasan..."

Suara.com - Menter Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengungkap kemelut di balik kematian pendeta Yeremia Zanambani (68) di Kampung Bomba, Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

TNI disebut dituduh sebagai pelaku, namun pihak keluarga melarang pemerintah untuk melihat kondisi jenazahnya.

Mahfud mengungkapkan TNI dan Polri kerap menjadi sasaran tuduhan ketika ada warga sipil tewas dibunuh. TNI sudah membantah kalau menjadi pelaku pembunuhan pendeta Yeremia.

"Kata TNI bukan dan sebagainya, sementara faktanya sampai sekadang kita tidak pernah punya akses untuk memeriksa jenazah, keluarganya enggak boleh," kata Mahfud melalui virtual, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: Pemerintah Klaim Bakal Profesional Usut Kasus Pendeta Dibunuh di Papua

Sementara menurut Mahfud, kelompok kriminal bersenjata (KKB) malah sudah mengunggah serta menyebarkan foto jenazah.

Mahfud menganggap hal tersebut sebagai upaya penyebaran narasi provokasi.

Meski demikian, Mahfud mengatakan pihaknya tidak akan menghadapinya dengan pendekatan keamanan. Pihaknya bakal berupaya melakukan pendekatan humanis agar permasalahan kedua belah pihak dapat selesai tanpa harus menggunakan kekerasan.

"Kami mau ke situ itu dihalang-halangi oleh keluarganya, oleh kelompok ini kalau kita mau memaksa lalu dikatakan tindakan kekerasan. Itu semua masih dilakukan upaya-upaya secara baik dan secara damai tanpa kekerasan polisi dan TNI saya minta selesaikan secara cepat tetapi jangan sampai ada korban," ungkap Mahfud.

Sebelumnya diberitakan,  pendeta Yeremia ditemukan tewas tertembak senjata api dan tertusuk di Kampung Bomba, Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua,  Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Unggah Video Ceramah UAS, Mahfud MD Malah Dapat Cibiran

Menurut pendeta yang tidak bisa disebutkan namanya, Pendeta Yeremia ditemukan tak bernyawa di kandang babi miliknya dan ditemukan oleh istrinya pada Minggu pagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS