Singapura dan Indonesia Sepakat Buka Jalur Hijau, Ini Dua Titik Masuknya

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Singapura dan Indonesia Sepakat Buka Jalur Hijau, Ini Dua Titik Masuknya
Situasi Bandara Changi Singapura, Maret 2020. [AFP]

Singapura dan Indonesia sepakat untuk membuka jalur hijau.

Suara.com - Singapura dan Indonesia sepakat untuk menyiapkan jalur hijau timbal balik (RGL) yang digunakan untuk bisnis penting dan perjalanan resmi antara kedua negara.

Menyadur Channel News Asia, Senin (12/10/2020) jalur hijau tersebut akan dibuka pada 26 Oktober dan perjalanan akan segera dimulai setelahnya, kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) pada Senin (12/10).

Kesepakatan itu terwujud kurang dari dua bulan setelah MFA mengatakan pada 25 Agustus bahwa Singapura dan Indonesia berencana untuk memulai pembicaraan jalur hijau.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan kepada CNA sedang dalam tahap akhir negosiasi untuk jalur hijau, dan bahwa persiapan sedang dilakukan di lapangan untuk memfasilitasi kedatangan.

Baca Juga: Singapura Beri Hadiah Bagi Bayi yang Lahir Selama Pandemi Covid-19

Terbuka

MFA mengatakan pada hari Senin bahwa Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Retno Marsudi menegaskan kembali "hubungan yang sangat baik dan lama" antara Singapura dan Indonesia dalam percakapan telepon.

Mereka juga mengenang diskusi pada Agustus tahun ini tentang pentingnya memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan dalam mengatasi tantangan bersama yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Termasuk dimulainya kembali perjalanan penting sambil menjaga kesehatan dan keselamatan publik di kedua negara.

"Dalam konteks ini, para menteri menyambut baik hasil perundingan tersebut," kata Kementerian Luar Negeri Singapura.

Baca Juga: Mengaku Sudah Bayar, Seorang Wanita Tipu Toko Online hingga Rp 3 Miliar

Warga negara Indonesia serta warga negara Singapura memenuhi syarat untuk RGL, yang juga disebut oleh Indonesia sebagai pengaturan koridor perjalanan (TCA), kata MFA.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS