alexametrics

Corona Belum Usai, Norovirus Kini Meneror China

Rendy Adrikni Sadikin | Arief Apriadi
Corona Belum Usai, Norovirus Kini Meneror China
Ilustrasi karantina akibat virus. (Shutterstock)

Layanan kesehatan di Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi kini hampir penuh, diisi para mahasiswa yang jatuh sakit akibat Norovirus.

Suara.com - Belum juga usai pandemi virus Corona yang tengah melanda dunia, China kembali disibukan dengan wabah lain bernama Norovirus. Penyakit itu kekinian menyerang para mahasiswa di Provinsi Shanxi.

Menyadur Global Times, layanan kesehatan di Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi kini hampir penuh, diisi para mahasiswa yang jatuh sakit akibat Norovirus.

"Saat ini, rumah sakit sekolah dipenuhi oleh siswa yang terinfeksi dan lantai di asrama siswa laki-laki telah ditutup. Yang lainnya menghadiri kelas seperti biasa," beberapa siswa di universitas tersebut mengatakan kepada surat kabar lokal Red Star News.

Sejak Rabu pekan lalu, univeristas telah mengumpulkan informasi tentang siswa yang menunjukkan gejala muntah, diare, demam.

Baca Juga: Jessica Disumpahi Kena Hukuman Mati Setelah Gelar Pesta Sembuh dari Corona

Otoritas pengendalian penyakit setempat telah mengkonfirmasi bahwa gejala para siswa tersebut disebabkan oleh infeksi norovirus.

Seorang anggota staf dari rumah sakit sekolah mengkonfirmasi dengan media pada Sabtu bahwa sejumlah siswa telah dirawat kendati staf tersebut menolak untuk mengatakan berapa banyak yang terinfeksi.

Pada Kamis (8/10/2020), universitas mengeluarkan pernyataan, yang mengatakan bahwa setelah perawatan, kesehatan siswa yang sakit membaik, dan beberapa telah pulih.

Pengujian oleh departemen pengawasan kesehatan kota tidak menemukan satu pun sumber makanan yang terkontaminasi yang mungkin menyebabkan wabah, dan air minum dan keran sekolah bukanlah penyebabnya, kata pernyataan itu.

Terlepas dari jaminan beberapa siswa menyatakan keprihatinan tentang ketahanan pangan, Red Star News melaporkan.

Baca Juga: Hari Pertama PSBB Transisi, Jumlah Positif Corona DKI Tambah 1.168 Kasus

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, lebih dari 30 wabah norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September, melibatkan sekitar 1.500 kasus.

Komentar