alexametrics

Sejarah dan Ucapan Hari Dokter Nasional

Rifan Aditya
Sejarah dan Ucapan Hari Dokter Nasional
Ilustrasi dokter. (Shuttterstock)

Bagaimana sejarah Hari Dokter Nasional? Artikel kali ini juga menyajikan ucapan Hari Dokter Nasional yang dapat dibagikan via Whatsapp.

Suara.com - Hari Dokter Nasional ditetapkan diperingati setiap tanggal 24 Oktober tiap tahunnya. Bagaimana sejarah Hari Dokter Nasional? Artikel kali ini juga menyajikan ucapan Hari Dokter Nasional yang dapat dibagikan via Whatsapp.

Hari Dokter Nasional biasanya diperingati dengan mengadakan berbagai serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran di Indonesia. Kegiatan peringatan Hari Dokter Nasional diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan peduli kesehatan secara lebih mendalam.

Untuk memperingatinya rasanya tak lengkap kalau tak mengetahui kenapa diperlukan peringatan Hari Dokter Nasional, maka simak sejarah Hari Dokter Nasional berikut ini.

Sejarah Hari Dokter Nasional

Baca Juga: Ulang Tahun IDI Ke-70, Rayakan Hari Dokter Nasional di Tengah Pandemi

Sejarah Hari Dokter Nasional tak terlepas dari terbentuknya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada 1950. Perkumpulan dokter pertama di Indonesia ini dibentuk pada 1911 dengan nama Vereniging van Indische Artsen. Pada tahun 1962, organisasi ini mengalami perubahan nama menjadi Vereniging Van Indonesische Genersjkundigen (VGI).

Pada tahun 1940, VIG mengadakan kongres di Solo. Kongres tersebut menugaskan Prof. Bahder Djohan membina dan memikirkan istilah baru dalam dunia kedokteran. Tiga tahu kemudian, pada masa pendudukan Jepang, VIG dibubarkan lalu diganti menjadi istilah Jawa Izi Hooko-Kai.

Dr. Sarwono Prawidohardjo terpilih menjadi Ketua Umum IDI pertama dalam muktamar Dokter Warganegara Indonesia. Muktamar itu dilaksanakan pada
22-25 September 1950.

Muktamar I Ikatan Dokter Indonesia ini digelar pada bulan Oktober di Deca Park. Lalu pada 24 Oktober 1950, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara resmi mendapatkan legalitas hukum di depan notaris. Maka, pada tanggal itulah ditetapkan sebagai hari jadi IDI lalu diperingati sebagai Hari Dokter Nasional Indonesia.

Ucapan Hari Dokter Nasional

Baca Juga: IDI Minta Menkes Hati-hati dan Tidak Tergesa-gesa soal Vaksin Covid-19

Apakah kamu seorang dokter atau seseorang yang bekerja di dunia medis atau punya kenalan dokter? Di Hari Dokter Nasional ini sebaiknya kirimkan ucapan manis untuknya.

Komentar